Sejarah dan Asal Usul Penemuan Tugu Belanda Dihutan Tangale

Penemuan tugu belanda di hutan tangale merupakan sejarah bagi Negara ini. Itu merupakan bukti bahwa Negara belanda pernah datang ke indonesia.  Salah satunya di daerah tangale gorontalo.

Sudah tidak asing lagi bahwa Negara belanda pernah dating keindonesia dengantujuan untuk menjajah dan mengambil rempah rempah yang ada di Indonesia. Maka tidak heran bahwa mereka memiliki peninggalan bersejarah seperti tugu – tugu dan lain sebagainya. Salah satunya adalah tugu belanda yang ditemukan di hutan tangale tersebut.

k 81

Penemuan tugu tersebut bermula ketika staf burung dari cagar alam di tangale bersama staf BKSDA gorontalo  yang akan melakukan pengidentifikasian terhadap burung-burung yang  ada dikawasan konservasi.

Dan ketika diperjalanan mereka menemukan tugu yang bertulisakn bahasa belanda. Secara sepintas memang tugu tersebut tidak terlihat. Karena tertutup oleh semak semak liar yang ada didalam hutan.

Tugu tersebut terletak kurang lebih 17 km dari kota gorontalo. Menurut masyarakat setempat tugu tersebut dibangu untuk peringatan atas masyarakat yang meninggal karena membangun ruas jalan limboto- Kwandang. Namun jalan yang pada waktu itu dibuat.

Sekarang sudah tidak ada sisanya. Karena sudah trtutupoleh rimbunnya tumbuhan liar yang ada di kawasan tersebut. Dikarenakan jaln itu digunakan untuk akses pemburuan dan akses pengambilan hasil hutan lainya.

Oleh sebap itu pemerintah colonial member kebijakan untuk menutup jalan tersebut. Dengan demikian kerjasama untuk menutup jalan tersebut dan membangun jaln yang baru.

Awalnya jalan yang digunakan untuk menuju kwandang dari limboto buka yang sekarang ini atau pun yang dibangn oleh belanda. Melainkan berasal dari perempatan desa Yosonegoro jurusan ombulu kemudian menuju kewandang, Menurut AW Lihu yang merupakan pemangku adat limboto.

Baca Artikel Lainnya :

Dia juga mengatakan bahwa kakeknya yang saat itu merupakan kadli Limboto, yang bernama Haji Asyad Rahmola sedang melakukan surt menyurat dengan jogugo Limboto. Surat tersebut berisi tentang pengaturan jadwal tenaga kerja dalam rangka pembuatan jalan menuju kwandang.

Jalan itu dibuat pada abad 20 dibawah pemerintaah belanda yang mengerahkan semua masyarakat yag ada di kawasan limboto tersebut. Demikailah penemuan tugu belanda di hutan tangale.

 

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *