Sejarah dan Asal usul Peradaban Sungai Shindu dan Lembah sungai Gangga

Sejarah dan Asal usul Peradaban Sungai Shindu dan Lembah sungai Gangga – Sungai Shindu dan sungai Gangga memiliki sejarah dan Asal-usul yang dapat dipelajari sehingga dinamakan sungai tersebut.

Bila dilihat dari segi geografisnya Wilayah india kuno memiliki dua bagian, diantaranya india utara dengan india selatan.

Untitled

Diantara dua bagian tersebut wilayah India utara mempunyai lahan yang sangat subur dianara yang lainnya, terutama disepanjang sungai shindu, brahmana, gangga, hingga sungai Yamuna.

Tentunya kebalikan dengan daerah bagian india selatan adalah daerah yang tidak subur dan lahan yang tandus.

Peradaban lembah sungai shindu dan lembah sungai gangga merupakan Hasil asimilasi antara kebudayaan asing dengan kebudayaan bangsa asli india. Bangsa asing yang masuk ke india dan menetap itulah yang mempelopori adanya asimilasi kebudayaan tersebut.

Penduduk asli yang diperkirakan sudah cukup lama tinggal di lembah sungai shindu dan ialah bangsa Dravida. Mahenjo daro serta Harappa merupakan lokasi tepatnya bangsa tersebut meninggalkan sisi barang-barang bersejarah peninggalan kehidupan bangsa tersebut.

Selain itu pula terdapat sisa-sisa kebudayaan peninggalan bangsa Dravida. Lahan subur yang terdapat di lembah sungai shindu merupakan lahan yang tepat untuk pertanian, dikarenakan lumpur-lumpur sungai yang terbawa ketika banjir.

Lumpur tersebut dapat diibaratkan sebagai pupuk alami yang membuat hasil pertanian yang ditanam di lahan tersebut tumbuh subur dan besar. Selain itu daerah tersebut pula dimanfaatkan untuk pengambangan teknologi irigasi dengan dibuatnya saluran-saluran serta tanggul untuk menampung air yang ditujukan untuk pengairan.

Bukti nyata saluran irigasi inilah yang menjelaskan bahwa dimasa tersebut sudah terdapat peradaban maju yang memiliki mata pencaharian dari bertani, misalnya gandum, teh, kapas hingga padi.

Peradaban yang terdapat saat itu menunjukkan bahwa pengaruh bangsa asing di lokasi yang tepat akan memajukan kehidupan bangsa Dravida saat itu. Ini menunjukkan adanya pengaruh tidak langsung yang dibawa oleh bangsa asing saat itu.

Baca Artikel Lainnya :

Sehingga kehidupan peradaban tersebut sedikit banyak mendapat pengaruh dari bangsa asing yang dating saat itu.

Dengan mengetahui asal-usul sejarah peradaban sungai shindu dan lembah sungai gangga masyarakat jadi lebih memahami asal dari kemajuan di India.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *