Sejarah dan Asal usul Proklamasi Kemerdekaan 17 agustus 1945

Sejarah dan Asal usul Proklamasi Kemerdekaan 17 agustus 1945 – Sejarah proklamasi kemerdekaan 17 agustus 1945 berawal dari peristiwa yang terjadi di jepang besar yang terjadi pada tanggal 6 agustus 1945.

Pada tanggal tersebut Jepang diserang oleh Amerika oleh bom atom yang memberi dampak kehancuran yang cukup besar di Nagasaki dan Hiroshima.

Untitled

Dampak positif dari peristiwa tersebut tentara jepang yang sudah menjajah Indonesia saat itu selama tiga setengah tahun tidak ingin meninggalkan negeri jajahannya begitu saja, sehingga membentuk PPKI atau Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia dengan tujuan agar Indonesia merdeka, dan Tentara jepang dapat kembali ke negeri asalnya membenahi kehancuran yang disebabkan oleh bom atom tersebut.

BPUPKI yang dibentuk pada tanggal 7 agustus 1945 merupakan nama awal dari organisasi PPKI untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Kemudian tangga 10 agustus pun akhirnya jepang menyerah kepada sekutu, sehingga 11 agustus Marsekal Terauchi dari Vietnam mengatakan kepada soekarno dan hatta agar proklamasi kemerdekaan dapat dilakukan dalam beberapa hari.

Pada tanggal 14 agustus 1945 soekarno dan hatta pun mempersiapkan kemerdekaan tersebut namun masih agak seikit ragu karena jepang tidak memberikan bergitu saja kemerdekaan Indonesia.

Ini dikarenakan tentanra angkata laut jepang berjanji bahwa kekuasaannya di Indonesia akan dikembalikan kepada kekuasaan yang menjajah Indonesia selama 350 tahun yaitu Belanda.

Namun tanggal 15 agustus 1945 setelah pertemuan soekarno dengan laksamana mayeda, dimana hasilnya menyarankan soekarnno agar proklamasi kemerdekaan dikumandangkan pada tanggal 16 agustus 1945.

Namun dikarenakan masih ada sedikit keraguan akan kemerdekaan tersebut maka hatta dan kelompok pemuda lainnya menculik soekarno sehingga rapat yang digelar PPKI saat ini tertunda.

Baca Artikel Lainnya :

Pristwa rengasdengklok dimana soekarno menghilang tersebut sebenarnya dipertemukan oleh Hatta dengan jendral yamamoto wakil dari laksamana maeda yang meyakinkan soekarno bahwa jepang menyerah kepada sekutu dan tidak memiliki kewenangan memberikan kemerdekaan.

Sehingga ketika kembali lai malam itu juga untuk melaksanakan rapat dengan PPKI, dan disusunlah naskah proklamasi yang dibacakannya pada tanggal 17 agustus 1945 dimana Indonesia medeka saat itu dan bebas dari penjajahan jepang.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *