Sejarah dan Asal Usul Revolusi Perancis (Situasi Sebelum dan Sebab Terjadinya Revolusi)

Revolusi Perancis dikenal sebagai sebuah periode sosial radikal serta pergolakan politik yang terjadi di Perancis.

Dampak yang muncul dari momen ini tampak abadi dan melekat terhadap sejarah Perancis. Sebelum akhirnya meletus menjadi sebuah revolusi, masyarakat di Perancis terbagi menjadi 3 golongan politik.

asa

Golongan pertama adalah bangsawan kaya sejumlah 400.000 orang. Golongan kedua merupakan kaum gereja atau agamawan dengan jumlah mencapai 100.000 orang.

Golongan ketiga terbagi lagi menjadi 3 bagian lagi. Golongan ketiga yang pertama adalah golongan menengah (borjois) dengan orang-orang yang berprofesi seperti dokter, pedagang, ahli hukum, dan lain-lain.

Golongan ketiga bagian dua terdiri dari masyarakat yang berprofesi sebagai buruh dan bekerja. Golongan ketiga bagian terakhir terdiri dari orang-orang yang bekerja sebagai petani.

Sebab terjadinya Revolusi Perancis diyakini oleh sejarawan karena ketidak puasan terhadap Ancien Regime atau Rezim Ancien.

Pada rezim ini berlaku sebuah sistem aristokratik di wilayah Perancis pada pemerintahan dinasti Valois dan Bourbon mulai dari abad ke 14 hingga ke 18.

Rezim Ancien ini menguasai sekitar 200.000 mil persegi wilayah Perancis dengan rakyat sekitar 20 juta orang yang empat per limanya bekerja sebagai petani.

Tiga pilar dalam kekuasaan pada rezim ini adalah Monarki, Kependetaan, serta Aristokrasi. Banyak aspek feodalisme yang diterapkan pada masa pemerintahan ini khususnya hak istimewa yang diberikan pada golongan tertentu serta mendapat dukungan doktrin Kuasa Raja dari Tuhan.

Terjadinya Revolusi Perancis ini berdampak pada beberapa bidang. Di antaranya:

1). Dampak Politik

Revolusi Perancis menimbulkan dampak kekuasaan absolut yang dicam rakyat. Paham liberal menyebar hingga penjuru dunia.

Revolusi Perancis dikenal melahirkan paham demokrasi, republik, parlementer, serta paham-paham lainnya yang akhirnya mulai tumbuh.

2). Dampak Sosial.

Stratifikasi sosial di Perancis menjadi hilang, diberikannya hak serta kewajiban yang sama pada semua rakyat, dan kebebasan untuk menentukan keyakinan, pendidikan, hingga pekerjaan mereka masing-masing.

3). Dampak Ekonomi.

Revolusi Perancis memicu dihapuskan Sistem Glide yang merupakan sistem yang berlaku dalam peraturan perdagangan.

Dihapuskannya sistem ini memberikan kesempatan berkembang bagi perdagangan serta industri secara baik.

Pengaruh Revolusi Perancis sendiri tak hanya berdampak pada negara Perancis dan negara-negara tetangga. Bagi Indonesia pun, momen ini memberikan dampak, di antaranya:

4). Paham Nasionalisme

Paham nasionalisme ini baru muncul dan berkembang di daratan Eropa pada awalnya. Revolusi Perancis ini menyebabkan paham nasionalisme menyebar hingga mencapai Indonesia. Organisasi nasional yang pertama kali mengikuti paham ini adalah Boedi Oetomo.

5). Persatuan

Revolusi Perancis menginspirasi rakyat Indonesia untuk sanggup menumbuhkan sikap persatuan serta perjuangan untuk merebut kemerdekaan.

Baca Artikel Lainnya :

Itulah sejarah, asal usul, situasai sebelum, hingga sebab dan dampak dari terjadinya Revolusi Perancis.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *