Sejarah dan Asal-Usul Rokok

Banyak diantara kaum dari laki-laki yang suka menghisap rokok, bahkan ada yang sampai ketagihan dan merasa lemas jika sehari tidak merokok sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tidak hanya Indonesia saja yang menghisap rokok, warga dari benua Amerika telah menhisap rokok dari tembakau pipa bahkan juga pernah mengunyah tembakau sebelum Masehi.

n 88

Bahkan Amerika adalah tempat di mana manusia merokok untuk pertama kalinya tepatnya dilakukan oleh bangsa Indian, mereka merokok untuk ritual agama mereka, memuja dewa dan sebagainya. Bagnsa Eropa pun tidak kalah diam, ia mencoba ikut-ikut menghisap rokok ketika Eropa menemukan benua Amerika.

Orang Eropa tersebut membawa tembakau ke Negara asalnya. Kemudian mereka menularkan kebiasaan tersebut kepada bangsawan di Eropa. Kebiasaan ini berbeda dengan kebiasaan bangsa Indian yang merokok untuk ritual, bangsa Eropa ini tidak mempunyai tujuan yang bermanfaat untuk kesehatannya, mereka hanya ingin bersenang-senang saja.

Pada abad 17 pedagang Spanyol masuk ke Turki, dari situlah kebiasaan itu menular dan mulai masuk ke Negara-negara lain.

Sejarah rokok juga terdapat di Indonesia yang bermula dari kota Kudus Jawa Tengah. Awalnya penduduk Kudus yang bernama Haji Djamari ini merasakan sakit pada dadanya. Ia kemudian mengoleskan minyak cengkeh yang akhirnya mampu meredakan sakitnya.

Djamari ini mempunyai ide gila untuk merajang cengkeh dan mencampurnya dengan tembakau dan dilinting menjadi rokok.

Pada waktu dahulu para pria merokok hanya dengan lintingan, Djamari kemudian memodifikasi mencampur Cengkeh. Ternyata setelah rutin ia menghisap rokok dengan melinting itu, ia merasakan sakit sakit di dadanya hilang.

Baca Artikel Lainnya :

Ia pun dengan semangat ia menceritakan terhadap orang di sekitarnya. Berita itu pun menyebar dengan cepat. Banyak penduduk yang datang kepadanya untuk meminta dibuatkan ramuan obat rokok ini.

Dahulunya rokok ini dibungkus dengan daun jagung yang sudah kering sehingga menimbulkan bunyi kretek. Rokok ini akhirnya dinamakan dengan rokok kretek. Djamari akhirnya menjadi perintis rokok di Kudus yang pada tahun 1908 telah resmi terdaftar.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *