Sejarah dan asal usul Tangkuban Perahu

Dari sekian banyak gunung yang ada di Indonesia salah satunya adalah gunung Tangkuban perahu, gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat, tepatnya 20 km Utara kota bandung ini mempunyai ketinggian 2084 meter diatas permukaan laut. Gunung tersebut merupakan salah satu yang masih aktif.

Tahukah anda bahwa asal-usul terjadinya gunung tersebut sangat fenomenal dalam dunia dongeng anak-anak. Dikisahkan bahwa terjadinya gunung ini tidak lepas dari dua tokoh, yaitu Sangkuriang dan Dayang Sumbi.

n 93

Dahulu kala ada hidup seorang ibu yaitu Dayang Sumbi dan sang anak Sangkuriang, kegemaran sang anak ialah berburu dengan Anjing kesayangan, pada satu ketika dia menyuruh Anjing untuk mengejar hasil buruan dan tidak mau, Sangkuriang marah dan mengusir Anjing ke hutan.

Ketika sampai dirumah dan menceritakan ke ibunya, sontak sang ibu marah dan memukul kepala Sangkuriang dengan sendok makan hingga membekas, Sangkuriang kecewa dan akhirnya meninggalkan ibunya sendirian.

setelah kejadian itu sang ibu menyesal dan bertapa untuk mohon ampun, hingga akhirnya sang Dewa memberinya hadiah kecantikan yang abadi.

Setalah bertahun-tahun mengembara akhirnya Sangkuriang kembali ke desa asalnya, setelah berjalan-jalan di desa dia melihat gadis nan cantik jelita yang tidak lain adalah Dayang Sumbi, sebagai lelaki dia jatuh hati pada gadis itu. Dan sang gadis juga jatuh hati pada Sangkuriang karena ketampanannya.

Singkat cerita Sangkuriang ingin melamar Gadis tersebut yang tak lain adalah ibunya sendiri, karena ketakutan atas lamaran itu Dayang Sumbi memberi dua persyaratan yaitu membendung sungai Citarum dan membuat sampan untuk menyebranginya, dan dilakukan dalam semalam, akhirnya sangkuriang menyanggupi dua persyaratan tersebut.

Baca Artikel Lainnya :

Dengan kesaktian yang dimiliki dan bantuan dari mahluk Ghaib sangkuriang hampir menyelesaikan, ketika Dayang Sumbi mengintip pekerjaan Sangkuriang, ia ketakutan dan membuat hamparan karpet Merah, membuat seakan-akan pagi sudah sampai.

Tau akan hal itu Sangkuriang marah dan menendang sampan hingga menjadi gunung, itulah asal-usul terjadinya  Gunung Tangkuban Perahu.

 

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *