Sejarah dan asal usul Uni Soviet

Uni Soviet merupakan Negara yang berada di benua Eropa, akan tetapi akibat konflik yang terjadi Negara ini sekarang sudah tidak ada dan berganti nama menjadi Rusia, pada masanya Negara ini merupakan Negara terbesar yang ada di dunia, Negara ini mempunyai luas sekitar 22. 402. 200 km persegi.

o 31

Dahulunya Negara ini berbatasan langsung dengan Afganistan, Cekoslowakia, Finlandia, Hungaria, Iran, Korea Utara, Mongolia, Norwegia, Polandia, Republik Rakyat Tiongkok, Rumania, dan turki. Sedangkan dengan benua Amerika Negara ini dibatasi langsung oleh selat Baring.

Dalam perkembangan sejarah Uni Soviet bisa dilihat dari beberapa presiden yang pernah memimpinnya. Uni soviet sendiri didirikan pada bulan Desember tahun 1922 dengan Presiden pertamanya yaitu Vladimir Lenin. Soviet sendiri merupakan sebuah federasi yang terdiri dari beberapa Partai dari masing-masing sub Negara.

Setelah era Lenin, pemerintahan dipegang oleh  Jossef Stallin, pada masa ini banyak terjadi inovasi yang berujung menyengsarakan buat rakyat Soviet. Yaitu pihak pemerintah memodernisasi system pertanian dengan program kolektif. Yang paling diingat adalah tentang pembunuhan besar-besaran terhadap pemerintah era Stallin.

Setelah wafatnya Stallin pada tahun 1953 roda pemerintahan dipegang oleh Nikita Khrushchev. Pada masanya dia ingin memperbaiki pemerintahan dari era Stallin yang dikenal diktator.

kebijakannya adalah memperbaiki hubungan dengan pihak Barat, meski juga terkadang tetap ada konfrontasi dari pihak Barat. Pada tahun 1964 Khrushchev dilengserkan akibat diadakannya perlombaan angkasa dan Nuklir.

Masa keemasan Soviet dipegang oleh Gorbachev, dia merupakan pemimpin muda Soviet, kehadirannya pun sangat didukung oleh para teknokrat yang ada di Soviet. Gebrakan yang dilakukan antara lain keterbukaan politik, restrukturisasi ekonomi, dan percepatan pembangunan.

Baca Artikel Lainnya :

Pada tahun ini juga Gorbachev memperkenalkan Demokratisasi, dan dia terpilih sebagai presiden pertama yg dipilih secara demokratis pada tanggal 15 Maret 1990.

Inilah sejarah dan asal-usul dari Negara Uni Soviet yang dulu pernah menjadi salah satu Negara yang ditakuti oleh siapapun dan dimanapun.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *