sejarah dan asal usul Upin Ipin

Upin Ipin merupakan film anak yang mempunyai penggemar banyak di Indonesia, hal ini dibuktikan dengan jam tayang yang tinggi.

Film ini menghiasi dunia anak-anak khususnya di Indonesia, pesan yang disajikan oleh film ini penuh penuh dengan nilai-nilai kebajjikan, wajar saja sampai sekarang film ini masih bertahan.

n 100

Tahukah anda siapa di balik pembuatan film Upin Ipin ini? , di balik film Upin Ipin ini ada sebuah perusahaan yaitu “Les’ Copaque” yang didirikan oleh tiga punggawanya yaitu Mohd. Nizam Abd. Razak, Mohd Safwan Abd. Karim, dan Usamah Zaid, ketiganya dipertemukan pada saat bekerja di organisasi animasi.

Sejarah pendiriannya adalah ketiga orang diatas yang juga sebagai alumni dari Universitas Malaysia bertemu dengan bekas juragan minyak dan gas bernama Haji Burhanuddin Radzi dan juga Istrinya H. Ainon Arifah. Dari pertemuan itu akhirnya terbentuk “Les’ copaque”, dan dari perusahaan inilah Upin Ipin dibuat.

Pada awal pembuatannya, film Upin Ipin hanya akan ditayangkan pada bulan suci Ramadhan, ini bertujuan untuk menguji pasar local saja dan juga untuk mengetahui kemampuan dalam penceritaan saja. Tapi yang terjadi di luar dugaan, kartun ini laris dan akhirnya pihak Les’ Copaque dituntut untuk membuat satu musim lagi untuk bulan Ramadhan selanjutnya.

Para pembuat yakin penyebab larisnya film ini adalah karena dalam film ini menampilkan kebudayaan Malaysia yang sangat kental dengan aroma kampung yang sederhana dan juga nilai-nilai moral di film ini. Sehingga perusahaan Les’ Copaque menjadi sangat terkenal sampai ke seluruh dunia.

Baca Artikel Lainnya :

Film ini pun tidak hanya ditayangkan di Malaysia, akan tetapi ke berbagai Negara khususnya Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Ada beberapa Negara yang mengimpor film ini, antara lain, Indonesia, Thailand, Brunei Darussalam, dan ada beberapa lagi Negara di Asia Tenggara.

Pada tahun 2009 tiga Punggawa Les Copaque memutuskan keluar dari perusahaan ini, akan tetapi pembuatan film Upin Ipin tetap dilanjutkan di bawah pimpinan Haji Burhanudin.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *