Sejarah dan asal-usul Vespa

Vespa merupakan salah satu jenis kendaraan bermotor bentuk unik, beda dengan yang lain, vespa memiliki body lebih lebar. Bahannya pun terbuat dari besi, sedangkan untuk motor yang lain terbuat dari Atom plastik.

Sedangkan dari segi umur, motor ini jauh lebih tua dibanding motor lain, kono Vespa ini sudah berumur ratusan tahun, jauh lebih tua disbanding motor-motor yang beredar di Indonesia.

n 79

Apakah anda tahu kapan Vespa ini diciptakan?, menurut sejarah yang beredar di dunia, Vespa diproduksi di Negara Italia lebih dari seabad lalu. Lebih tepatnya pada tahun  1884 oleh perusahaan bernama Piaggio.

Pada mulanya perusahaan ini memproduksi kendaraan-kendaraan seperti kapal, gerbong kereta, rel kereta, Truck, dan Kereta api.

Pada mulanya perusahaan ini dipimpin oleh Rinaldo Piaggio, pada era ini perusahaan berkonsentrasi untuk memproduksi alat transportasi dan perlengkapannya. Tetapi nasib yang kurang bagus menimpa perusahaan, yaitu pada akhir perang dunia II perusahaan Piaggio dibom oleh tentara sekutu hingga rugi besar.

Setelah peristiwa pengeboman itu perrusahaan dikendalikan oleh anak Rinaldo yaitu Enrico Piaggio, paada saat dinahkodai Enrico keadaan Politik dan Ekonomi Italia sedang tidak stabil, Enrico punya inovasi mebuat alat transportasi yang murah, akhirnya terciptalah dari Piaggio transportasi yang murah yaitu Motor Vespa  pada tahun 1945.

Sedangkan untuk Indonesia, Motor Vespa mulai digandrungi masyarakat baru pada sekitar tahun 70an, pada saat itu pihak pemerintah dianugerahi sebuah penghargaan dan penghormatan dari Negara Kongo berupa “Vespa Kongo”.

Baca Artikel Lainnya :

Sampai sekarang pun jumlah jenis Vespa yang ada di Indonesia sudah sangat banyak sekali, mulai dari Vespa yang sudah berumur, ataupun Vespa yang masih dalam golongan muda, maka dari itu para pecinta Vespa di dunia menyebut Indonesia sebagai surganya Vespa.

Bahkan hingga zaman yang lebih Modern seperti sekarang masih banyak Komunitas-komunitas pecinta motor Vespa yang sering kumpul bareng, Touring, dan melakukan kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan. Inilah sebab dari penyebutan Vespanya Dunia.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *