Sejarah dan Awal Mula Terciptanya Olahraga Renang

Olahraga renang sudah dimulai sejak zaman prasejarah dan telah berkembang di berbagai Negara di belahan dunia. Hal ini diketahui dari lukisan yang terdapat di gua daerah Wadi Sora.

Di Eropa tepatnya di Yunani dan Romawi olahraga renang juga mengalami perkembangan, mereka menganggap renang salah satu faktor penting dalam latihan perang Romawi. Karena Jepang mewajibkan prajuritnya untuk bisa berenang.

o 33

Professor Jerman Nicolas wyman menulis catatan tentang renang modern pada tahun 1538. Catatn ini merupakan yang pertama kalinya yang menulis tentang berbagai hikayat, seperti hikayat Beowulf, Gilgamesh dsb.

Jerman dan Australia membuat kolam renang pertama kalinya pada tahun 1800 yang digunakan untuk berlatih para prajurit dan dimasukkan ke dalam mata pelajaran keprajuritan.

Pada tahun 1873 Arther Trudgen mempopulerkan teknik renang gaya bebas yang terinspirasi dari gaya renang bangsa dari Amerika tepatnya adalah bangsa Indian.

Gaya bebas tersebut disempurnakan oleh Richard Cavil pada tahun 1902 dengan menambah kombinasi gerakan tendangan pada kaki yang berfungsi untuk menambah laju kecepatan berenang.

Sebuah federasi renang tingkat dunia kemudian dibentuk pada tahun 1908 yaitu Federation Internationale de Natation de Amateur yang merupakan Federasi Amatir Internasional.

Pada saat itu gaya kupu-kupu dalam renang masih menjadi bagian variasi renang gaya dada. Baru pada tahun 1952 gaya kupu-kupu terpisah dan berdiri sendiri menjadi renang gaya kupu-kupu.

Renang diperlombakan pertama kali oleh Kaisar Suigui di Jepang pada tahun 1800 dan gaya renang yang sebagian digunakan sebagai lomba adalah renang gaya dada. Sedangkan olimpiade modern diadakan pertama kali pada tahun 1896 di Athena Yunani yang mempertandingkan empat nomor.

Baca Artikel Lainnya :

Sedangkan perlombaan untuk wanita baru diadakan pada tahun 1912 dalam Olimpiade Stockholm, Belanda yang memperlombakan renang gaya bebas dengan jumlah nomor yang bebas pula.

Olahraga renang akhirnya menjadi semakin popular di kalangan masyarakat dan anak-anak yang sudah mulai menekuni renang sejak usia dini hingga kini tetap menjadi kebanggaan Negara.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *