Sejarah Dan Fakta Unik Tentang Orang Jawa

Sejarah Dan Fakta Unik Tentang Orang Jawa – Tentang Orang Jawa – Berbicara mengenai orang jawa, tentu pembicaraan kita tidak akan jauh dari kerajaan-kerajaan kuno yang berdiri di tanah sunda.

Kerajaan yang dimaksudkan adalah kerajaan Salaka Nagara, kerajaan ini diyakini oleh para pakar merupakan kerajaan pertama yang ada di Nusantara tempatnya di Bogor – Bekasi.

sayur lo

Kerajaan yang diberinama kerajaan Salaka Nagara ini telah berdiri sejak abad ke-2, untuk pendiri kerajaan ini sendiri selain seorang pendiri namun juga merupakan raja pertama yang memimpin kerajaan tersebut.

Kemudian para keturunan dan anak serta cucu dari orang-orang zaman kerajaan Salaka Nagara sampai pada kerajaan Taruma Negara hingga zaman kerajaan Sunda-Galuh menyebar ke wilayah bagian Jawa Tengah dan juga Jawa Timur.

Dari penyebaran anak cucu serta keturunan orang-orang zaman mulai kerajaan Salaka Nagara tersebut salah satunya ialah Raden Sanjaya, beliau ini merupakan orang yang nantinya akan mendirikan kerajaan Majapahit yang pusat pemerintahannya berada di Trowulan – Mojokerto.

Fakta unik dan menarik tentang orang jawa adalah banyak nama daerah yang ada di Jawa Tengah dan juga Jawa Timur yang berasal dari bahasa Sunda, misalkan:

  • Banyu-mas / air yang jernih / berwarna ke-emasan
  • Dataran Tinggi Diwng / Dyang / Hyang / tempat para karuhun / leluhur
  • Cilacap / lecep / nyelecep / Air yang sangat sejuk

Selain dari nama-nama daerah yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi fakta unik dan menarik tentang orang jawa yang memiliki nama daerah yang merupakan nama asal bahasa Sunda, nama di atas hanya sebagian contoh kecil saja.

Fakta unik dan menarik tentang orang jawa selanjutnya adalah sekitar 1500 tahun yang lampau, penghuni yang menghuni pulau jawa menggunakan bahasa yang sama yakni bahawa sunda.

Seiring perkembangan zaman, munculah dialek Sunda-Jawa pada akhirnya muncul menjadi bahasa Jawa itu sendiri. Fakta unik tentang orang jawa mengenai penggunaan bahasa ini dikemukakan oleh Dyen (1965) dalam pembagian Linguistik.

Fakta unik lainnya tentang orang jawa ialah dalam penggunaan bahasanya, orang Jawa senang sekali menggunakan akhiran “O” pada kata yang digunakan. Kata tersebut seperti:

  • Nagara = Negoro
  • Kaula = Kulo
  • Nyawa = Nyowo
  • dan sebagainya

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *