Sejarah dan Jenis-jenis Saus Yang Wajib Kita Ketahui

Sejarah dan Jenis-jenis Saus Yang Wajib Kita Ketahui – Saus mungkin adalah penambah makanan yang sangat dibutuhkan sebagian besar orang didunia. Bayangkan jika tidak ada saus. Mungkin kentang goreng yang kita lahap akan terasa hambar.

Pizza yang seharusnya nikmat menjadi eneg dan asin. Ayam goreng yang seharusnya gurih menjadi melempem karena tidak ada saus.

laptop

Ternyata, saus memang sangat berpengaruh bagi manusia. Tapi apakah anda tahu bagaimana sejarah saus itu sendiri?

Sebenarnya,resep saus tomat sudah ada dalam resep buku masak Amerika yang berjudul Sugar House Book pada tahun 1801.

Saus tomat yang dibuat berdasarkan resep buku tersebut memiliki rasa yang sangat asin karena memerlukan 1 pound garam untuk mengolah 100 buah tomat menjadi saus.

Saus tomat perlahan-lahan menjadi popular diseluruh Amerika karena makin banyak yang mengkonsumsinya.

Menurut sejarah, Jonan Yerks merupakan orang pertama Yng membuat saus tomat secara besar-besaran di Amerika hingga popular seperti sekarang. Berikut ini adalah jenis-jenis Saus yang harus anda ketahui berdasarkan penyajianya.

Saus dingin

Dari namanya saja sudah kelihatan bahwa saus ini memang dihidangkan dalam keadaan dingin. Namun ada juga yang dihidangkan bersama makanan yang hangat atau panas.

Saus panas

Saus yang satu ini memang hanya dihidangkan untuk makanan panas dan dalam keadaan panas saja.  Berbeda dengan saus dingin yang bisa digunakan fleksibel.

Saus béchamel

Saus ini dibuat dari roux dan susu. Roux merupakan campuran dari tepung dan minyak. Biasanya saus jenis ini cocok bagi makanan seafood dan pasta.

Saus espagnole

Saus yang satu ini terbuat dari kaldu sapi. Apabila dikentalkan akan berubah menjadi saus demi-glace.

Kunci keberhasilan dari pembuatan saus ini adalah dari kualitas kaldu itu sendiri. Tak lupa juga bahan tambahanya seperti bawang bombai,  seledri, dan wortel. Saus ini biasanya digunakan untuk aneka makanan panggang seperti daging,bebek,dan ayam.

Saus tomat

Siapa sih yang tidak kenal dengan saus sejuta umat ini? Saus ini merupakan pure tomat dan air kaldu yang dicampur.

Baca Artikel Lainnya :

Saus ini biasa digunakan sebagai pendamping berbagai makanan goorengan ataupun rebusan. Itulah beberapa sejarah dan jenis-jenis saus yang harus anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *