Sejarah dan Kisah dibalik Lawang Sewu

Indonesia  kaya  dengan hasil alam, bangunan, dan sejarahnya. Salah satunya adalah Kota Semarang yang merupakan kota dari propinsi Jawa Tengah. Semarang mempunyai bangunan sejarah yang sangat langka dan mengandung sejarah yang teramat dalam.

Bangunan ini bernama Lawang Sewu yang merupakan panggilan Belanda yang megah di pusat Kota Semarang. Bangunan ini mempunyai dua menara kubah yang menjulang tinggi.

o 109

Sesuai namanya “LawangSewu” bangunan ini konon mempunyai pintu yang berjumlah seribu. Namun jika anda menghitungnya maka hanya ada 600 daun pintu di sana.

Namun jendela besar khas bangunan Belanda bisa ditambahkan untuk menggenapi jumlah pintu. Meskipun jumlah pintunya yang tidak lengkap seribu, akan tetapi jumlah tersebut untuk menggambarkan banyaknya pintu yang ada dalam bangunan tersebut.

Pada tahun 1904 Lawang Sewu dibangun. Bangunan ini diselesaikan oleh pemerintah colonial Belanda pada tahun 1907. Tujuan utama Lawang Sewu dibangun untuk kantor Nederlands – Indische Spoorweg Maatschappij, perkereta apian swasta milik belanda.

Tujuan ini berakhir saat Jepang menguasai Semarang pada tahun 1940. Gedung megah ini dialihfungsikan sebagai tempat peristirahatan para tentara Jepang.

Ruangan bawah tanah digunakan untuk pembantaian penduduk Pribumi, pemuda Indonesia, dan tentara Belanda. Lawang Sewu ini menjadi saksi bisu kekejaman tentara Jepang yang terkenal kekejamannya dalam sejarah.

Lawang Sewu dijadikan kantor beberapa institusi pemerintahan setelah Indonesia merdeka pada tahun 1945. Saat ini Bangunan Lawang sewu terkenal keangkerannya. Di tempat ini sempat dijadikan tempat menguji nyali oleh stasiun televisi  di Indonesia.

Akan tetapi pemerintah Kota Semarang mengadakan event besar seperti fashion Show, penyuluhan, dan sebagainya untuk menghilangkan kesan mistik gedung ini sebagai Ikon kota Semarang.

Baca Artikel Lainnya :

Namun meskipun begitu image Lawang Sewu sebagai gedung menyeramkan tidak dapat hilang. Sebuah cerita mistis ditemukanya itu adanya Noni Belanda yang selalu terlihat sebelum maghrib menggunakan baju warna merah. Atau suara jeritan noni Belanda yang dibantai terdengar pada malam hari. Dan masih banyak lainnya.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *