Sejarah dan Kisah Prabu Panggung Keraton

Prabu Panggung Keraton adalah raja dari Kerajaan Dayeuh Manggung Masanggrahan. Meskipun kerajaan ini kecil, namun makmur dengan rakyat terjamin. Sang prabu memilii adik perempuan bernama Putri Rarang Purbaratna.

Masyarakat Dayeuh Manggung sangat yakin kecantikan sang putri titisan bidadari sebab parasnya yang cantik jelita dan sulit dijelaskan dengan kata-kata.

k 24

Hanya saja prabu merasa khawatir karena hingga menginjak remaja, adiknya belum mendapatkan jodoh.

Sehingga suatu hari Prabu Panggung Keraton berbincang dengan adiknya yang akhirnya diketahui bahwa calon suami sang putri harus mampu menjawab teka-teki yang diberikan Putri Rarang Purbaratna.

Singkat cerita, banyak raja yang datang untuk meminang Putri Rarang Purbaratna setelah mendengar kecantikan luar biasa dari sang putri. Sayangnya Prabu Gajah Menggala, kerajaan Kuta Genggelang justru dendam dan berjanji akan menyerang kerajaan Dayeuh Manggung saat sang putri menemukan jodohnya.

Pangeran Munding Larik, Kerajaan Pakuan Pajajaran merupakan pemenang yang berhasil meminangnya (Putri Rarang Purbaratna).

Berkat berbagai bekal yang diberikan oleh ayahnya, Pangeran Munding Larik berhasil menemukan Kerajaan Dayeuh Manggung dan menjawab teka-teki sang putri dengan mudah.

Gajah Menggala akhirnya melaksanakan sumpahnya setelah mendengar kabar pernikahan besar-besaran Putri Rarang Purbaratna dan Pangeran Munding Larik. Mengetahui sang adik di culik, Prabu Panggung Keraton mengutus patihnya ke Kuta Genggaleng.

Meskipun Prabu Gajah Menggala kalah dan berjanji akan mengembalikan sang putri, Jonggrang Kalapitung yang telanjur jatuh hati pada Putri Rarang Purbaratna menculik kembali sang putri beberapa bulan kemudian, saat sang putri tengah hamil tua.

Sampai di tengah hutan, Putri Rarang Purbaratna melahirkan bayi kembar dan ditelan oleh Jonggrang Klapitung yang berubah menjadi seekor ular raksasa.

Baca Artikel Lainnya :

Prabu Panggung Keraton menemukan bayi kembar adiknya yang sudah berlari-lari meskipun masih bayi mengetahui bahwa keduanya bukan bayi biasa dan mengajaknya mengejar Jonggrang Kalapitung.

Jonggrang Kalapitung tewas di tangan Prabu Panggung Keraton. Akhirnya Putri Rarang Purbaratna serta 2 bayi kembarnya dibawa pulang ke Kerajaan Daweuh Manggung dengan selamat oleh Prabu Panggung Keraton.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *