Sejarah dan Kisah Ramayana

Ramayana merupakan sebuah cerita epos asal India yang digubah Walmiki (Valmiki)/ Balmiki. Cerita epos yang lainnya yaitu Mahabharata. Ramayana juga hadir di khazanah sastra Jawa di dalam bentuk kakawin Ramayana sementara gubahan-gubahannya berbahasa Jawa Baru yang memang tidak semuanya berdasar pada kakawin Ramayana tersebut. Bahkan beberapa kitabnya diketahui ditemukan juga di Uttarakanda dan bahasa Jawa Kuna.

f 54

Kisah Ramayana sendiri berawal dari Wiracita Ramayana yang berkisah mengenai Rama yang memiliki kuasa memerintah Kerajaan Kosala, utara Sungai Gangga dengan ibukota Ayodhya.

Pada suatu hari, sang Resi, Wiswamitra meminta bantuan Rama melindungi pertapaan yang ada di tengah hutan dari ancaman gangguan raksasa. Setelah melakukan perundingan dengan Prabu Dasarata, Resi Wiswamitra dan Rama berangkat menuju tengah hutan diiringi Lakshmana.

Dalam perjalanan, Lakshmana dan Rama diberikan ilmu kerohanian oleh Resi Wiswamitra. Mereka juga tidak ada henti-hentinya membunuh setiap raksasa yang mengganggu upacara sang resi.

Saat mereka melewati Mithila, Rama mengikuti sayembara yang kala itu diadakan oleh Prabu Janaka. Kemenangannya mendapat imbalan berupa izin meminang Dewi Sinta yang merupakan putri dari Prabu Janaka. Dengan membawa serta Dewi Sinta, Lakhsmana dan Rama kembali ke Ayodhya.

Prabu Dasarata atas permohonan Dewi Kekayi menyerahkan tahtanya pada Bharata, sementara Rama di saat itu harus meninggalkan kerajaan dalam waktu 14 tahun. Bharata menginginkan Rama menjadi satu-satunya penerus tahta, akan tetapi Rama menolak dan memutuskan hidup di hutan bersama dengan sang istri beserta Lakshmana. Bharata akhirnya memerintah Kerajaan Kosala atas nama Rama.

Baca Artikel Lainnya :

Dalam masa pengasingan di hutan terjadi banyak kisah antara Rama dan Lakshmana hingga berujung pada penculikan Dewi Sinta oleh Rawana. Dibantu oleh Sugriwa, Raja Kiskindha, Rama kemudian mencari dan menggempur Alengka.

Rawana gugur di tangan Rama dan tahta kerajaan Alengka diserahkan pada Wibisana. Dewi Sinta kemudian kembali ke pangkuan Rama setelah melalui pengujian kesucian. Dalam akhir kisahnya, Rama bersama Sinta dan Lakshmana kembali ke Ayodhya yang disambut oleh penyerahan tahta dari Bharata kepada Rama.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *