Sejarah dan Perkembangan Agama Hindu-Budha di Indonesia

Kekayaan sejarah Indonesia memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain kaya akan kebudayaan, Indonesia juga kaya akan sejarah perkembangan agamanya. Lokasi Indonesia yang strategis menjadikan Indonesia kerap disinggahi pedagang dari berbagai negara, salah satunya India.

Masuknya para pedagang India di Indonesia disinyalir menjadi awal mula berkembangnya agama Hindu di Indonesia. Meski hingga kini terdapat beberapa teori mengenai masuknya agama Hindu. Salah satunya adalah Teori Brahmana.

n 29

Padateori yang dibawakan oleh Van Leur yang tersebut, agama Hindu dikatakan masuk ke Indonesia melalui pemuka agama. Namun teori ini dinilai memiliki banyak kelemahan karena peraturan India yang melarang pemuka agamanya untuk keluar negeri.

Selain Teori Brahmana, adapula Teori Nasional. Pada teori yang disampaikan oleh F.D.K. Bosch yang ini dikatakan bahwa penyebaran agama Hindu dilakukan oleh penduduk Indonesia itu sendiri. Usai beberapa masyarakat Indonesia menganut agama Hindu, mereka mulai berkelana menyebarkan agama Hindu.

Teori ini berlandaskan pada eratnya unsur-unsur budaya India pada budaya Indonesia. Proses penyatuan dua budaya ini mendorong agama Hindu menjadi semakin besar di Indonesia.

Para pemuka agama Hindu juga memiliki peran penting dalam  penyebaran agama Hindu. Pemuka agama Hindu atau dikenal dengan Brahmana kerap melakukan upacara keagamaan di Indonesia.

Namun ternyata ada pula teori yang menyatakan bahwa masyarakat Indonesia pada masa itu tidak hanya menerima suntikan ajaran dari para pendatang, tetapi juga menjelajah untuk menemukan hal baru dan menyebarkannya di Indonesia. Teori tersebut diberi nama Teori Arus Balik.

Tak banyak berbeda dengan agama Hindu, agama Budha juga diperkirakan masuk melalui pedagang India. Agama Budha memang dikenal berasal dari Nepal, India yang telah ada sejak abad ke-6 SM.

Selain menyebar di Indonesia, agama Budha juga menyebar dan bahkan menjadi agama mayoritas dibeberapa negara lainnya, seperti Taiwan, Thailand, dan Myanmar. Sementara di tanah air sendiri, agama Budha termasuk dalam salah satu agama tertua.

Agama Budha semakin berkembang di Indonesia usai didirikannya Kerajaan Majapahit pada tahun 1954. Bhikku pertama di Indonesia adalah AshinJinarakkhita.

Peran besar AshinJInarakkhita juga terjadi pada masa penjajahan. Pada 1954, ia membantu mengembangkan agama Budha secara nasional dan merayakan hari besar umat Budha, Waisak di Candi Borobudur pada tahun 1956.

Baca Artikel Lainnya :

Pada 1959 juga terjadi peristiwa penting bagi sejarah agama Budha di Indonesia yakni sebanyak 13 Bhikku hadir dalam penahbisan Bhikku Jinaputta dan BhikkhuJinapiya.

Berbagai peninggalan bersejarah juga menjadi bukti kemegahan dan betapa besarnya agama Hindu dan Budha. Sebut saja, Candi Borobudur dan CandiPrambanan yang sama-sama terletak di Jawa Tengah. Kedua candi tersebut merupakan candi ternama tidak hanya di Indonesia juga di dunia.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *