Sejarah Dan Tradisi di Hari Raya Idul Fitri

Umat Islam di Indonesia hingga di dunia sekalipun akan menjalankan ibadah yang disebut sebagai hari raya idul fitri. Dimana hari tersebut terjadi di tanggal 1 Syawal untuk satu tahun sekali. Sebelum para umat muslimin menjalan ibadah bahagia ini, terlebih dahulu Allah SWT memerintahkan untuk berpuasa selama 1 bulan penuh.

f 8

Hingga setelah ibadah tersebut selesai, umat islam segera menjalankan ibadah idul fitri yakni dengan sholat 2 rakaat. Saat hari tersebut tiba, para muslimin di seluruh dunia diwajibkan untuk mengkonsumsi minuman ataupun minuman. Agenda ini pun harus dilakukan mengingat di hari sebelumnya telah menjalankan ibadah puasa.

Moment penting di hari raya idul fitri

Saat dimana hari raya idul fitri ini tiba, para muslimin khususnya pihak laki-laki mengumandangkan takbir. Yang mana takbir tersebut merupakan pertanda hari kemenangan telah tiba dan pada umumnya kumandang takbir ini diucapkan setelah ibadah sholat maghrib di hari puasa yang terakhir.

Kumandang takbir ini pun tak henti-hentinya diucapkan hingga keesokan harinya dan selesai saat sebelum ibadah sholat dua rakaat dimulai. Tentunya para umat muslim merayakan hari ini dengan penuh gembira.

Pelaksanaan ibadah kemenangan ini di Masjid ataupun di lapangan agar dapat memuat jamaah sholat yang lebih banyak dari hari-hari sebelumnya. Tak lupa setelah ibadah ini selesai ditutup dengan khotbah dan kemudian para muslimin kembali ke rumah masing-masing.Tak berhenti di situ saja, para muslimin pun menjalankan acara halal bi halal.

Acara ini serupa dengan silaturahmi untuk saling meminta maaf dan memaafkan satu sama lain. Dimulai dari seorang anak kepada orangtuanya dan kemudian kepada para sanak dan familinya.

Tradisi di hari raya idul fitri

Di moment penting ini, umat Islam di seluruh dunia pun mempunyai cara masing-masing. Seperti halnya dengan umat muslim di Indonesia yang mengimbangi acara di hari raya idul fitri dengan beberapa cara, seperti:

  • Merapikan dan menghias isi rumah agar sebagus mungkin.
  • Menyiapkan aneka menu camilan hingga masakan tertentu dalam jumlah yang besar.
  • Menggunakan baju baru.
  • Berpergian ke suatu tempat sebagai acara refreshing di hari raya.
  • Berkunjung ke rumah saudara, orangtua hingga kerabat lainnya untuk bersilaturahmi.
  • Membagi-bagi uang kepada anak-anak dan membagi-bagi makanan kepada kerabat.

Terdapat beragam aktifitas yang sudah menjadi tradisi wajib dengan beberapa kegiatan tersebut. Tradisi ini pun selalu menjadi moment yang paling ditunggu terutama bagi anak-anak karena mereka akan mendapati uang dari orangtua hingga kerabat dekat lainnya.

Uang ini pun disebut dengan nama fitrah yang dimulai dari nominal tertentu sesuai keikhlasan masing-masing. Di samping tak luput pula dari para orangtua dan dewasa yang harus mempersiapkan uang dengan nominal tertentu untuk dibagi-bagikan. Bahkan menyiapkan beberapa menu bernama parcel kepada kerabat.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *