Sejarah Hadirnya Gereja di Indonesia

Sejarah Hadirnya Gereja di Indonesia – Gereja yang berada di Indonesia terbagi menjadi 2 yakni gereja Katolik dan gereja Kristen. Diperkirakan mulai abad ke 12, kaum Kristen Mesir mencatat jika ada beberapa gereja Kristen yang didirikan tepat di Barus, pada daerah pantai barat Sumut.

1

Di sana ialah pos perdagangan yang sering sekali di datangi saudagar kaya yang berasal dari India. Walaupun begitu, tidak terdapat bukti jika Kristen sudah pernah tiba sebelum datang saudagar Portugis yang berada di abad 16. Untuk gereja Katolik pun juga mulai muncul saat awal abad ke 14 yang ada lewat misi Katoluk Roma mencapai Indonesia.

Sejarah munculnya gereja yang berada di Indonesia bila dari sisi Kristen, hal ini dimulai saat orang-orang Portugis berada di Kesultanan Malaka yang sekarang ini menjadi Malaysia demi mencari kekayaan yang mereka miliki.

Memang awalnya hubungan ini berjalan dengan baik, namun ada berbagai macam konflik yang menyebabkan munculnya pendapat bila kedatangan Kristen Portugis ini hanya membawa berbagai macam masalah untuk mereka, di sini mulailah muncul dan menciptakan sebuah sentimen untuk melawan Kristen Portugis.

Walaupun Portugis telah berhasil membangun gereja, akan tetapi kedatangan mereka yang berada di Malaka malah dinilai berkesan negatif jika dibandingkan dengan tujuan awal mereka yakni mempromosikan agamanya. Pada sisi Katolik, Mattiussi yang memang merupakan biksu Italia memang mengaku ditugaskan sang Paus berlayar hingga ke Padua untuk menuju Sumatera. Di sini, gereja Katolik mempunyai informasi tentang adanya kondisi Asia yang pada waktu itu belum ada pengaruh agama Katolik pada benua tersebut.

Kembali ke sejarah gereja Kristen. Tahun 1972 seorang asli Bali yang bernama I Wayan Mastra, ia memeluk agama Kristen saat sedang bersekolah di sekolah Kristen yang berasal di pulau Jawa, ia pun menjadi ketua dari GKPB serta memulai proses Balinisasi, yang membuat gereja Kristen yang berada di Bali menjadi sangat terbuka dengan adanya Budaya Bali serta mengikuti gereja Katolik Bali yang sudah lebih dahulu melakukan hal tersebut.

Sejarah gereja Katolik pun mengalami berbagai macam perubahan di saat tahun 1896, pendeta Belanda bernama Frans van Lith berada di Muntilan Jawa Tengah. 15 Desember 1904 178 masyarakat jawa akhirnya dibabtis pada daerah Semangun.

Gereja Kristen sendiri walaupun agamanya menjadi minoritas di berbagai macam daerah namun ia tidak berhenti untuk mengajarkan agamanya, sehingga tahun 60 an banyak sekali komunisme serta masyarakat Tiongkok yang kemudian beralih ke Kristen.

Di masa itu pula juga banyak sekolah Kristen yang memang mengajarkan agama tersebut. Hingga sekarang ini pun Gereja Kristen pun masih terus berusaha untuk mengembangkan dengan jauh lebih pesat dari perkembangan-perkembangan yang sebelumnya.

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *