Sejarah Internet dan Perkembangannya di Indonesia

Jaman semakin modern dan salah satu teknologi yang banyak dipergunakan adalah internet. Saat ini banyak anak muda yang tidak dapat berjauhan lama tanpa internet karena jaman yang semakin global. Dengan internet, Anda dapat mengetahui segala macam peristiwa dan menyelesaikan pekerjaan tanpa harus meninggalkan rumah. Internet pertama kali dipelopori oleh Robert Taylor ketika dipromosikan menjadi kepala pemproses informasi di DARPA (Defense Advanced Research Project Agency).

fu 42

Pada awalnya, Robert hanya ingin merealisasikan ide seputar sistem jaringan terkoneksi. Jaringan ARPANET pertama kali diselesaikan tanggal 29 Oktober 1969 dan pengembangannya terfokus pada proses dari Request for Comment. Proses tersebut hingga saat ini masih dipergunakan untuk penyebaran protokol dan sistem internet. Software yang digunakan adalah RFC dari Steve Crocker yang berasal dari Universitas California, LA (7 April 1972).

Pada awalnya, ARPANET tidak menggunakan TCP/IP namun menggunakan NCP atau program pengatur jaringan dan kemudian diubah menjadi TCP/IP agar lebih fleksibel (1 Januari 1943). Kemudian ARPANET kemudian berubah menjadi Internet.

Seorang Donal Davies yang berasal dari National Physical Laboratory, Inggris mengemukakan jaringan data nasional dengan basis packet-switching (1965). Sayangnya, hal tersebut tidak direspon walaupun Mark I berhasil dibuat pada tahun 1970 dan mampu untuk melakukan packet switching dari laboratorium yangs atu ke laboratorium yang lainnya. Setelah penggunaan, jumlah komputer yang terkoneksi menjadi 12 komputer dan 75 terminal (1976) hingga jaringan diubah yaitu pada tahun 1986.

Peneliti perancis kemudian meneliti dan membuat jaringan Packet-switching yang diberi nama CYCLADES setelah NPL diperkenalkan. CYCLADES diketuai oleh Louis Pouzin dan didemonstrasikan tahun 1973 sebagai alternatif ARPANET dan CYCLADES menjadi jaringan pertama dengan host yang bertanggung jawab mengenai penyampaian data.

Jaringan packet-switching ini memicu Robert E.Khan dari DARPA merekrut Vintonm Cerf, Univ. Stanford untuk menyatukan jaringan yang ada dan hasilnya pembentukan fundamental dengan protokol antar jaringan ditemukan di tahun 1973 dan protokol RFC 675 tercatat sebagai internet.

CERN memulai untuk menginstalasi TCP/IP di tahun 1984 dan 1988 untuk komputer internal, PC, workstation, sistem kontrol terkaselerasi dan jaringan CERN disebut dengan CERNET. Pencarian transisi UUCP USENET ke TCP/IP dilakukan Daniel Karrenberg dari Belanda (1988) dan pada tahun 1987, Len Bosack dari Cisco dan Ben Sagal membicarakan mengenai pembelian router TCP/IP. Cisco membujuk CERN untuk membeli software dengan TCP/IP/.

Di Indonesia, internet muncul tanggal 24 Juni 1988 dengan protokol pertama adalah UI-Netlab. Orang yang berjasa diantaranya adalah Putu, Onno W> Purbo, Dirman Siregar, Robby Soebiakto dan tulisan mengenai internet terdapat di koran. Sedangkan Indonest (1994) adalah ISP pertama dengan sistem dial-up. Ijin ISP akhirnya keluar tahun 1995 hingga terdapat akses Telnet untuk dapat mengakses internet.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *