Sejarah Kemunculan Musik Campur Sari dan Perkembangannya

Campur sari menjadi salah satu jenis musik yang cukup populer di tahun 90-an, dan pada awalnya dikenal di tanah air 40 tahun sebelumnya. Musik pada campur sari pada dasarnya tidak memiliki kelebihan apapun dari segi estetika, dan hanya enak ketika didengarkan. Musik jenis ini bisa dengan mudah Kita jumpai pada daerah di Jawa Tengah, bisa juga dijumpai di Yogyakarta dan sekitarnya.

fi 65

Apabila memiliki keinginan untuk mengenal maupun menikmati alunan musik campur sari maka datang ke daerah-daerah di Jawa Tengah akan menjadi pilihan tepat. Pasalnya di daerah tersebut Kita bisa dengan mudah menjumpai alunan musiknya, bahkan dimana saja. Apakah ketika tengah naik kendaraan umum, masuk ke rumah makan, berbelanja di pasar, dan lain sebagainya. Setiap stasiun radio bahkan memiliki jam khusus untuk memutar lagu-lagu jenis campur sari ini.

Mengenal Sejarah Munculnya Campur Sari

Musik campur sari tercipta begitu saja tanpa ada unsur kesengajaan, yakni oleh seniman Jawa Manthous. Beliau pada tahun 1980-an memiliki sebuah orkes musik yang bernama Maju Lancar dan menggunakan alunan dari gamelan. Beliau kemudian memiliki sebuah inisiatif untuk menambahkan suara keyboard pada group musik tersebut.

Berkat dan berangkat dari penambahan keyboard itulah sampai sekarang Kita bisa memiliki jenis musik baru, yakni campur sari. Seiring berjalannya waktu penambahan yang dilakukan tidak sekedar untuk keyboard saja.

Melainkan mulai berkembang dan bertambah banyak, ada yang kemudian ditambahkan alat musik untuk keroncong, dangdut berupa gendang, dan lain sebagainya. Adanya unsur penambahan dan pencampuran berbagai alat musik dari genre musik yang berbeda. Kemudian jenis musik yang tercipta tersebut dikenal dan diberi nama sebagai campur sari. Artinya adalah salah satu jenis musik yang di dalamnya terdapat campuran berbagai jenis musik lainnya.

Seorang penyanyi asal Surabaya, Mus Mulyadi, atau yang akrab dipanggil Cak Mus, mengungkapkan bahwa musik campur sari adalah salah satu jenis musik yang memiliki progres cerah. Pasalnya dengan adanya keunikan percampuran tadi menjadikannya banyak dilirik ole produser rekaman.

Selain unik ternyata musik campur sari memiliki pangsa pasar yang sangat luas, tidak hanya di dalam namun juga di luar negeri. Membiayai pembuatan rekaman lagu-lagu bergenre campur sari tentu dimata seorang produser adalah sebuah investasi emas.

Perkembangan Campur Sari

Seiring berjalannya waktu, musik campur sari kian diminati dan memiliki penggemar loyal tersendiri karena memang enak untuk didengarkan. Kepopuleran jenis musik ini kemudian ikut berkembang di luar daerah Jawa Tengah dan mengalami dekonstruksi.

Dibuat sedemikian rupa untuk menyesuaikan dengan kebudayaan daerah masing-masing sehingga setiap daerah pada akhirnya memiliki ciri khas. Ciri khas ini terus berkembang dan tidak menutup kemungkinan akan ada penambahan jenis musik lainnya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *