Sejarah Kota Bandung (Paris Van Java)

Bandung adalah salah satu nama dari ibu kota Jawa barat, yang mana kota ini mempunyai tanggal lahir yakni di tanggal 25 September 1810. Hari jadi tersebut adalah hari dimana Herman willem daendels selaku gubernur di masa itu meminta untuk dibangunkan sarana dan prasarana yang mendukung di kota tersebut.

fu 25

Selain itu, kota Bandung mempunyai nama dari istilah bendung atau bendungan dari lava gunung Tangkuban perahu yang membendung sungai Citarum. Dari bendungan ini menjadikan sebuah telaga dan dari kisah yang dipercaya, pada waktu dulu bupati Bandung menggunakan kendaraan air yang menggunakan nama Bandung.

Selain itu, di abad ke 17 dan ke 18, pasukan VOC membangun sebuah perkebunan teh di puncak Bandung. Dimana pada area tersebut sangatlah subur dan makmur sehingga untuk mendukung akses tersebut didukung dengan adanya beragam sarana dan prasarana. Seperti dibangunnya jalur suplai untuk menghubungkan satu kota ke kota lainnya, yakni dari Bandung, Bogor, Jakarta, Cianjur, Cirebon dan Sumedang.

Pembangunan ini terjadi di tahun 1786 dan di tahun 1809 ini pertahanan dari sarana dan prasarana tersebut terus ditingkatkan untuk melawan musuh dari Inggris. Yang mana pada pemerintahan ini dihandle oleh Louis Napoleon yang merupakan pihak koloni Belanda.

Sebagai salah satu aksesnya, Louis meminta Daendels untuk membangun jalan raya 1000 km. Yang mana jalan ini diawali dari titik pantai barat hingga timur jawa, dan para masyarakat Indonesia yang membangunnya atas perintah paksa itu. Hingga kini, jalan tersebut masih dioperasikan meskipun tak terlepas akan adanya perbaikan dan perbaikan.

Hingga tahun 1945 banyak sekali kelompok ekstrimis Islam di Jawa barat yang membentuk negara Islam di Indonesia. Mereka menculik para pihak penting, seperti bupati dan wakilnya. Tindakan ini juga disusul oleh aksi polisi dari Belanda yang diperintahkan untuk mundur dan beranjak dari kota Bandung tersebut. Pada tanggal 24 Maret 1946 ini mereka meninggalkan kota Bandung dengan membakar wilayah tersebut.

Banyak sekali peristiwa penting yang terjadi di kota Bandung ini, terutama di zaman pemerintahan di masa lampau. Yang mana pada era 80’an hingga 90’an kota ini dijadikan sebagai pusat dari beragam aktifitas yang dilakukan oleh para kolonial Belanda. Bahkan hingga saat ini masih terdapat peninggalannya dan menjadikan kota Bandung sebagai kota yang penuh etnik, kebudayaan, tradisi hingga lainnya.

Tak hanya itu saja, di kota ini juga digunakan sebagai tempat penting dan masih ditinggalkan hingga saat ini. Tempat-tempat tersebut meliputi adanya gedung konferensi Asia Afrika, kampus-kampus penting yang dibangun di masa penjajahan Belanda, hingga tempat lainnya yang hingga kini masih ada. Tak hanya itu saja, nilai sejarah dan juga kebudayaan begitu banyak hingga menjadikan kota ini sebagai paris van java.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *