Sejarah Lahirnya Republik Indonesia

Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri dari beribu-ribu pulau beserta gugusan pulau yang mengelilinginya. Selama ratusan tahun negeri Indonesia dijajah dan ditindas oleh bangsa asing, rakyat banyak menderita bahkan gugur di medan perang. Meski sekarang zaman sudah jauh lebih baik dibanding dulu, tapi tetap kita sebagai bangsa Indonesia harus mengetahui sejarah-sejarah Indonesia dan memberitahukannya pada anak cucu kita.

fu 96

Indonesia Prasejarah

Artefak alat-alat prasejarah homo erectus yang menempati Indonesia banyak ditemukan di Sangiran dan Ngandong. Ditemukannya fosil mamalia dan luka-luka sayatan dari alat prasejarah tadi juga diduga kuat menjadi bukti kuat penggunaan alat berupa cangkang di seluruh belahan dunia. Masyarakat Austronesia yang tinggal di Indonesia pada masa neolitikum juga mengembangkan alat-alat dari batu. Maka dari itu, struktur-struktur batu besar mulai terlihat pada zaman ini.

Selanjutnya adalah zaman megalitikum yang menjadi awal sejarah negara Indonesia berdiri. Hal ini disimpulkan, karena banyak bukti struktur megalitikum yang ditemukan di nusantara. Bukti-bukti tersebut adalah seperti ditemukannya punden berundak, kemudian ketika masuknya zaman perunggu adanya kultur Dong Son yang menciptakan teknik-teknik penggunaan perunggu, pengikatan, dan irigasi sawah. Animisme adalah agama yang dianut mayoritas masyarakat pada masa ini.

Jaman Kerajaan di Indonesia

Kepercayaan yang pertama dianut masyarakat Indonesia adalah Hindu, yang dibawa oleh budaya India. Ada bukti yang memperkuat hal ini, yaitu ditemukannya sebuah kerajaan Sunda di abad ke-2 yang diperkirakan bertepatan dengan pembangunan Kuil Jiwa. Pada masa ini merupakan tonggak utama yang menjadi sejarah berdirinya negara republik Indonesia. Dan banyak raja dari kerajaan-kerajaan yang berpikir untuk menyatukan Indonesia, salah satunya yaitu kerajaan Tarumanegara.

Selain Hindu, agama islam juga sudah menguasai wilayah nusantara, terutama Jawa dan Sumatera. Agama ini dibawa oleh para pedagang muslim ke Sumatera, dan tersebar melalui jual beli. Namun penyebarannya tidak semudah penyebaran agama Hindu dan Budha, dan perkembangan agama islam ini juga mengubah kepercayaan kerajaan-kerajaan, baik yang telah berdiri maupun yang akan berdiri.

Masa Penjajahan

Bangsa Portugis pada tahun 1512 juga pernah menguasai Indonesia. Mereka datang dengan maksud untuk menyebarkan agama Katholik dan memonopoli rempah-rempah. Penjajah dari bangsa Eropa ini mulai mendirikan pos-pos jual beli benteng di sekitar kepulauan Maluku. Dan puncak kejayaannya adalah pada saat mereka mengalami kekalahan dan wilayah kekuasaannya semakin berkurang.

Penjajah paling kejam adalah pada masa VOC, karena VOC sangat berperan dalam urusan politik dan berkali-kali menyerang kerajaan Banten dan Mataram. VOC dibubarkan tahun 1800, dan mulai diterapkan Cultuurstelsel tahun 1830, kemudian tahun 1901 diterapkan pula Politik Etis yang jauh lebih baik dari organisasi-organisasi sebelumnya.

Terakhir adalah penjajah Jepang yang sempat menduduki Indonesia. Pasukan Belanda di Indonesia pada tahun 1942 berhasil dikalahkan. Dan kekalahan Jepang terhadap Sekutu ini yang membuat para pemuda Indonesia mendorong Soekarno dan Hatta untuk segera mendeklarasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *