Sejarah Manisan Khas Arab Menjadi Manisan Mahal Dan Populer Di Dunia

Sejarah Manisan Khas Arab Menjadi Manisan Mahal Dan Populer Di Dunia  – Asal – usul ragam manisan Arab di mancanegara adalah dilatarbelakangi banyaknya orang India yang bermukim mencari kerja ke negara Arab dan Turki.

Untitled

Mereka memboyong kebiasaan lama di India dimana pada hari – hari tertentu, anak – anak mereka dimanja dengan sebuah pesta kecil semacam tea afternoon yang khusus menyuguhkan sajian ringan berupa manisan kepada mereka.

Manisan olahan orang India ini selanjutnya mengalami perkembangan dengan adanya banyak perubahan terhadap resep asli mereka dan ke masa depan justru terkenal sebagai manisan Arab yang harganya mahal dan hanya populer di resto – resto mewah saja di dunia.

Jika anda ingin mengenal beberapa jenis manisan Arab ala orang rumahan, kami bisa memberikan rekomendasi beberapa jenis yang telah beredar di Indonesia sebagai camilan ringan untuk anak – anak yang berasa unik tetapi lezat di lidah :

1). Manisan Kanafah

Kanafah merupakan manisan sejenis pastry keju Arab yang dibuat dengan cara tradisional yang di atasnya disiram dengan sirup, jenis manisan ini merupakan manisan favorit anak – anak di Arab hingga Eropa, Amerika bahkan Jepang. Sekali anda mencicipinya maka dijamin anda ingin mencobanya sekali lagi.

Cara membuat manisan ini sangat mudah dengan bahan – bahan yang praktis diperoleh di dapur anda, gula pasir sebagai sirup kental, mentega, tepung terigu dan keju. Panaskan mentega dalam wajan teflon hingga meleleh kemudian masukkan adonan tepung dan parutan keju putih, tata di atas wajan lalu kentalkan dengan sirup gula.

2). Manisan Halwa Atau Halawah

Manisan Halawah memiliki bentuk yang cantik, berbahan dasar dari mentega putih, tepung beras, gula pasir, dan kacang – kacangan khas negeri Arab.

Halawah artinya manisan atau kudapan dari Arab tetapi pada perkembangan selanjutnya manisan ini banyak dijumpai di kawasan timur tengah, hingga Eropa, Amerika dan negara – negara Asia lainnya yang banyak mengalami perkembangan bahan dan tehnik pengolahan.

3). Manisan Qathayif

Jenis manisan ini berbentuk unik menyerupai pastel di Indonesia tetapi isinya adalah campuran gula dan keju putih yang bertekstur lembut di lidah si penikmatnya. Di negara asalnya, India, disebut dengan nama populer yaitu samosa.

Cara mengolahnya dengan digoreng memakai minyak zaitun dengan campuran mentega kuning, dimana manisan ini di Eropa kerap dimanfaatkan sebagai makanan pencuci mulut yang berasa manis dan gurih. Bisa dinikmati dengan tambahan cokelat leleh.

Baca Artikel Lainnya :

Ketiga jenis manisan khas Arab yang populer tersebut di atas bisa dengan mudah anda dapatkan di toko – toko pastry dalam beragam kemasan cantik dan menarik di kota tempat anda tinggal, pun anda bisa membuat sendiri di rumah, hanya saja perlu mengetahui tentang tehnik membuatnya sehingga mendapatkan tampilan menawan dengan rasa mantap. Selamat mencoba !

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *