Sejarah Menarik Di Balik Terciptanya Kue Donat

Sejarah Menarik Di Balik Terciptanya Kue Donat – Siapa yang tak kenal donat di dunia ? Penganan ringan berupa roti yang berbentuk unik lalu digoreng hingga garing dan diberi beragam topping di atasnya ini sudah sangat populer di dunia sejak jaman dulu.

tiramisu

Namun, anda perlu mengetahui tentang sejarah atau asal – usul seputar kue donat atau cara membuat donat sejak pertama tercipta hingga menjadi donat modern seperti saat ini yang banyak disukai oleh masyarakat di Indonesia ternyata aslinya berasal dari warga Belanda yang gemar membuat beragam kue basah pada pertengahan abad ke-19.

Kue basah khas Belanda di luar negeri dikenal dengan sebutan “olykoeks”. Kue ini pada umumnya berbentuk bulat dan biasanya digoreng dengan memakai minyak dari lemak binatang hingga berwarna kuning keemasan (tapi harus hati – hati dalam menggorengnya agar tidak mudah gosong).

Bagian tengah kue sulit untuk dimatangkan, pada beberapa kebiasaan, ada koki resto yang suka menambahkan bahan isian berupa buah atau kacang yang tidak begitu membutuhkan waktu lama untuk memasaknya.

Budaya ini selanjutnya dibawa oleh sebagian imigran Belanda ke Amerika Serikat dan hingga saat ini masih terus membuat kue donat yang komposisi dan cita rasanya dipengaruhi oleh budaya orang Amerika.

Ada dua cerita populer yang melatarbelakangi asal mula mengapa terdapat lubang pada bagian tengah dari kue donat. Versi cerita pertama menjelaskan bahwa seorang kapten kapal dari Amerika Serikat bernama Hansen Gregory ketika cuti di rumahnya secara tak sengaja mempraktekkan cara membuat donat dengan melubangi dibagian tengahnya.

Hal ini bertujuan agar minyak panas yang digunakan ketika akan menggoreng dapat mencapai seluruh permukaan donat, hasilnya adalah permukaan kue donat pada kedua sisi menjadi lebih kering dan bagian dalamnya bisa matang dengan sempurna.

Sedangkan cerita kedua menjelaskan bahwa ada seorang kapten kapal pesiar dari AS bernama Hansen Gregory merasa kesulitan dalam mengemudikan kapal di tengah badai sambil mempersiapkan sarapan pagi seadanya hanya dengan roti tawar goreng dioles mentega yang dipegangnya sambil mengemudi.

Untuk alasan kepraktisan, maka Hansen kemudian menancapkan secara kasar kue tersebut pada salah satu ujung gagang dari kemudi kapal agar ia bisa menjadi lebih fokus ketika mengemudi.

Ide brilian ini selanjutnya menginspirasi Hansen untuk menyuruh para koki kapal memasak roti goreng dengan sebuah lubang pada bagian tengahnya.

Apapun kisah yang melatarbelangi sejarah ditemukannya pembuatan donat yang unik, kini anda telah mengenal banyak ragam dari varian donat yang berasa lezat dan gurih.

Baca Artikel Lainnya :

Seiring dengan perkembangan kuliner kue basah ala negeri Belanda, aneka resep donat di mancanegara pun mengalami variasi yang berbeda dari pertama kali anda mengenal donat di Belanda, kudapan ringan yang satu ini semakin hari semakin mudah dibuat dengan ragam topping di atasnya, dan anda pun mulai bisa berkreasi di rumah.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *