Sejarah Microsoft Excel

Hadirnya komputer memang membuka peradaban baru bagi masyarakat, jika dulunya kita hanya mengandalkan kertas dan juga pena untuk menyimpan semua informasi, maka sekarang ini berbeda, keberadaan komputer memiliki peran yang sangat penting untuk menggantikan fungsi alat tradisional tersebut, meskipun tak serta merta menggeser dan menghilangkannya.

fi 7

Perlu diketahui bahwa sistem atau aplikasi yang ada di dalam sebuah komputer ternyata tak terbentuk begitu saja, namun juga ada sejarah di balik pembuatannya.

Seperti misalnya Microsoft, kita cukup tau bahwa perusahaan ini menerbitkan beberapa macam aplikasi semacam untuk mengelola kata atau yang kita kenal dengan nama word maupun pengolahan angka yaitu excel. Tetapi ternyata sejarah dari terciptanya 2 aplikasi yang sangat membantu kinerja kita saat ini amat panjang.

Sebut saja Microsoft Excel, bagian pengelolaan angka ini memiliki struktur antara baris dan kolom, umumnya sangat mempermudah kinerja di bidang keuangan atau yang banyak menggunakan rumus-rumus khusus, fiturnya banyak dan selalu mengalami pembaharuan tiap beberapa tahun sekali.

Ingin tahu bagaimana sejarahnya, simak ulasannya berikut ini:

Sebelum Microsoft mengeluarkan perangkat di bidang penyuntingan spreadsheet tersebut dulunya Apple yang pertama kali mengeluarkan VisiCalc dengan fungsi yang kurang lebih sama. Banyak yang menyebutkan bahwa aplikasi tersebut merupakan perangkat yang sangat dahsyat, mengingat dari banyaknya program yang terjual kala itu yaitu mencapai 700.000 copy hanya dalam waktu 6 tahun saja.

Pada tahun 1982 ini lah Microsoft mulai mengembangkan aplikasi spreadsheet pertamanya yang pada awalnya dikenal dengan nama EP dengan akronim electronic paper, program ini awalnya dirilis pertama kali untuk komputer dengan sistem operasi CP/M, disini berbagai fitur unggulan ditawarkan tak kalah dengan besutan dari Apple, diantaranya adalah sistem grafik atau yang diberi nama dengan Microsoft Chart, meskipun begitu Microsoft juga tak pernah menang, ia selalu kalah dengan Lotus 1-2-3 yang diciptakan oleh lotus software yang kini sudah menjadi bagian dari IBM.

Pada 30 September 1985 Microsoft kemudian meluncurkan versi pertama dari Excel yang saat itu diperuntukkan untuk sistem operasi Macintosh, versi terbarunya kemudian dirilis pada tahun 1987 untuk mengimbangi Macintosh versi 2.2, namun ada beberapa kelemahan dalam sistem ini yaitu kinerjanya cukup lambat hingga akhirnya dibuat versi windows.

Pada awalnya Excel dapatkan banyak sekali pengaduan karena dinilai melanggar hak cipta, namun tak memungkiri bahwa semakin lama penjualan terus meningkat dan menempatkan Excel sebagai aplikasi yang paling banyak digunakan masyarakat.

Microsoft Excel terus hadir dalam berbagai versi yang selalu diperbaharui, namun hingga tahun 2007 tak ada terobosan baru yang dikeluarkan. Namun untuk versi 2010 ke atas akhirnya mereka mencoba menanamkan fitur baru dan unggulan agar tak kalah dengan perusahaan penerbit aplikasi serupa.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *