Sejarah Muncul dan Berkembangnya Android

Zaman sekarang siapa yang tidak kenal dengan sistem operasi Android yang terbilang mumpuni dan juga canggih. Android sendiri merupakan salah satu sistem operasi yang dibuat berdasarkan Linux, sehingga memiliki beberapa kesamaan.

fu 75

Meskipun Android sekarang lebih ditujukan untuk kebutuhan perangkat mobile sementara Linux untuk perangkat non-mobile. Sifatnya yang open source menjadikan banyak orang cocok dengan sistem operasi ini dan perkembangannya sangat pesat.

Terlebih di Indonesia yang mana masyarakatnya memiliki keterbukaan dalam menerima teknologi baru dan menjadi surga bagi perangkat dengan OS Android. Indonesia mulai mengenal sistem operasi yang sifatnya terbuka ini pada tahun 2010. Pada tahun tersebut Android sudah berada di bawah naungan perusahaan internet raksasa, yakni Google. Namun, kemunculan Android sendiri sebenarnya dimulai 3 tahun sebelumnya yakni pada tahun 2007.

Berkenalan Dengan Android

Android seperti yang dijelaskan di awal, merupakan sebuah sistem operasi yang sejak awal dirancang untuk perangkat mobile. Sistem operasi ini memiliki basic open source, yang jika berkenalan dengan basic ini maka Kita akan mengingat Linux. Awal mulanya ditemukan Android oleh Abdroid.inc yang pada waktu itu di tahun 2003 berdiri independent dan berpusat di California. Pendirinya adalah Andy Rubin, Rich Minner, Crish White, dan juga Nick Sears.

Para pendirinya memiliki impian untuk menciptakan dan mengembangkan sebuah sistem operasi yang lebih canggih. Dibandingkan dengan sistem operasi yang ada pada perangkat mobile masa tersebut, sehingga muncul ide membuat operasi sistem open source. Kemudian oleh Google, pada tahun 2005 mulai mengajukan sebuah kemungkinan mengakuisisi perusahaan Android.inc. Kemudian pada tahun yang sama Android.inc berada di bawah naungan Google dan menjadikan perkembangan Android cukup pesat.

Pada tahun 2007 kemudian muncul sebuah kabar bahwa perusahaan Google akan merambah dunia perangkat mobile. Kemudian pada tahun tersebut perusahaan search engine terbesar ini mengajukan hak paten atas produk mobile perdananya, yakni Nexus One.

Perkembangannya tidak berhenti saat itu saja, namun kemudian pada tahun 2008 dibentuk sebuah tim kerjasama yang disebut OHA atau Open Headset Alliance. OHA sendiri merupakan kerjasama antara brand perangkat telekomunikasi yang sudah ternama di dunia. Diantaranya adalah Asus, Toshiba, Sony Ericson, Garmin, Softbank, dan juga Vodafone.

Hasil kerjasama ini kemudian berhasil menciptakan sistem operasi yang merupakan penyempurnaan dari Android pendahulunya. Perkembangan sistem operasi Android cukup pesat, dan mampu memberikan versi terbaru selang 3 bulan dari peluncuran versi lamanya.

Android kemudian menjadi sistem operasi yang memiliki banyak penggemar karena kelebihan yang diberikan. Versi-versi Android terbaru terus hadir untuk menyempurnakan versi sebelumnya. Mulai dari pionirnya Alpha, Betha, Eclaire, Froyo, Gingerbread, Honeycome, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, Kit Kat, Lollypop, dan dikabarkan akan segera diluncurkan Marsmellow.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *