Sejarah Pembuatan Si Kuning Penyedap Rasa, Mentega

Sejarah Pembuatan Si Kuning Penyedap Rasa, Mentega – Margarin merupakan salah satu makanan pelengkap yang biasa digunakan untuk membuat suatu makanan berupa kue ataupun masakan.

Terkadang margarin juga digunakan sebagai pengganti minyak dalam menumis bahan makanan karena margarin tersebut dipercaya lebih sehat dibandingkan dengan minyak. Terkadang kita sulit untuk membedakan antara mentega dan margarin karena bentuk dan teksturnya yang sama.

sepu

Hanya saja sebenarnya perbedaan tersebut terletak pada rasa dan kandungan lemak serta kolesterol yang ada didalamnya.

Margarin memiliki rasa yang lebih asin dan kandungan lemak serta kolesterolnya lebih sedikit dibandingkan dengan mentega. Sehingga sebenarnya dari segi kesehatan penggunaan margarine lebih baik dibandingkan dengan mentega.

Pembuatan margarin sebenarnya merupakan pengembangan dari mentega yang berasal dari susu lalu dilakukan beberapa proses pengolahan.

Beberapa orang berpendapat bahwa sejarah pembuatan margarin tersebut pertama kali diciptakan pada tahun 1800-an oleh seseorang yang bernama Michel Eugene Chevreul yang berkebangsaan Prancis.

Ia menemukan sebuah asam lemak baru dari susu yang pada awalnya ia beri nama margaric acid. Penemuan tersebut dianggap sebagai penemuan yang mengagumkan karena dianggap dapat menggantikan mentega yang saat itu mmeiliki harga yang tinggi dan ketersediaannya tidak dapat mencukupi kebutuhan.

Pembuatan margarine tersebut dikembangkan pula oleh kimiawan Prancis bernama Hippolyte Mege Moeuries yang membuat suatu pengganti mentega untuk dikonsumsi oleh para tentara Prancis dan masyarakat miskin yang ada di Negara tersebut berdasarkan sayembara yang dibuat oleh Napoleon III.

Saat itu margarin ciptaannya mendapatkan respon yang baik dan mulai dipatenkan oleh Napoleon III dan mulai dibuat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Namun, ternyata penemuan tersebut masih belum dapat memenuhi harapan karena masih banyak warga Prancis yang belum mau menggantikan mentega dengan margarin meski memiliki harga yang lebih murah.

Pada tahun 1871, Mege Mouries menunjukan proses pembuatan margarine kepada perusahaan di Belanda agar dapat memberikan masukan dan pengembangan lebih lanjut hingga tercipta margarin yang lebih baik.

Kerja sama antar keduanyapun berhasil dan membuat agar margarine semirip mungki8n dengan mentega sehingga banyak warga yang mau menggunakannya. Hingga saat itu margarine terus diproduksi dan mulai dikenalkan pada negara- negara yang lainnya.

Seiring berkembangnya jaman dan waktu masyarakat seluruh dunia mulai mengenal margarine dan menyadari akan kandungan yang ada di dalamnya yang ternyata lebih aman dan sehat untuk digunakan dibandingkan dengan mentega.

Baca Artikel Lainnya :

Namun, hal tersebut mergantung pada jenis keperluan pengunaannnya karena pada dasarnya kedua bahan makanan tersebut sama – sama baik untuk digunakan karena berasal dari susu yang telah dikenal khasiatnya sejak dahulu.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *