Sejarah Penciptaan Olahraga Bola Voli

Olahraga bola voli menjadi salah satu jenis olahraga yang cukup populer selain jenis olahraga seperti sepakbola dan juga badminton. Setiap jenis olahraga yang dimainkan dalam bentuk team, atau terdiri dari beberapa orang dalam satu team.

fu 88

Memiliki sejarah tersendiri sehingga mulai dikenal dan berkembang oleh masyarakat dan pada akhirnya bisa mendunia. Bola voli sendiri sebenarnya bukanlah olahraga lokal, melainkan jenis olahraga yang berasal dari luar negeri.

Sejarah Terciptanya Olahraga Bola Voli

Dahulu permainan olahraga bola voli dikenal dengan nama Mintonette, dan pertama kali dibuat pada tahun 1895 di Amerika Serikat. Adalah seorang instruktur atau guru pendidikan jasmani dari YMAC bernama William G. Morgan. Instruktur tersebut merupakan salah satu pengajar di YMAC yang merupakan kepanjangan dari YoungMen’s Crhistian Asociation. Asosiasi ini didirikan dengan tujuan untuk mengajarkan pendidikan agama Kristen kepada para pemuda di Amerika tepatnya di Massachusets.

Pada suatu ketika Morgan bertemu dengan seorang pencipta olahraga basket yakni James Naissmith, yang memberikan sebuah pemahaman baru. Pertemuan itu kemudian memberikan sebuah gagasan kepada Morgan untuk membuat sebuah olahraga baru.

Olahraga yang diharapkan mampu dilakukan oleh semua orang tanpa terbentur oleh usia dengan gerakan yang terbatas. Baru kemudian dikenal olahraga Mintonette yang gerakan di dalamnya adalah gabungan dari gerakan olahraga lain.

Gerakan permainan Mintonette ini bisa ditemukan gerakan pada olahraga basket, tenis, baseball, dan juga permainan bola tangan. Olahraga ini dibuat untuk digunakan secara khusus di dalam asosiasi YMAC itu sendiri untuk anggota yang sudah tidak muda lagi. Diharapkan dengan olahraga yang ringan namun seru memberikan kemudahan bagi mereka tetap aktif bergerak di lapangan permainan.

Baru kemudian pada tahun 1896, nama Montinette kemudian diganti menjadi volleyball atau yang Kita kenal sebagai bola voli. Penggantian nama ini terjadi setelah direktur utama YMAC, yakni Dr. Luther Halsey Gulick meminta kehadiran Morgan.

Guna mendemonstrasikan permainan atau olahraga baru yang diciptakannya di depan semua pejabat asosiasi. Morgan kemudian pada pertemuan tersebut membawa dua team yang terdiri dari lima orang di tiap team untuk melakukan olahraga barunya di hadapan Gullick.

Nama Volley ball diberikan oleh AL Fred T. Halstead setelah melihat secara langsung bagaimana olahraga ini dimainkan. Beliau merasa nama Mintonette kurang cocok dengan gerakan dan aturan permainan yang ada. Beliau lah yang mencetuskan nama Volley ball dan baru kemudian disetujui oleh setiap orang yang ikut menyaksikan demo olahraga tersebut.

Hingga sekarang olahraga ini dikenal dengan sebutan Volley ball dan dimainkan oleh 6 orang di masing-masing team yang bertanding. Seiring berjalannya waktu olahraga ini yang awalnya hanya dimainkan di dalam ruangan kemudian berkembang ke luar ruangan dan dikenal hingga ke seluruh penjuru dunia.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *