Sejarah Penemuan Radio dan Tokoh Penting Dibaliknya

Sejarah Penemuan Radio dan Tokoh Penting Dibaliknya – Radio bagi orang- orang pada jaman terdahulu merupakan salah satu barang yang berharga dan memiliki fungsi penting.

Dengan radio tersebut orang – orang dapat memproleh informasi sehingga mengetahui perkembangan dunia luar.

7

Sebenarnya radio merupakan sebuah alat elektronik yang mengirim sinyal dan informasi melalui udara pada suatu gelombang frekuensi tertentu.

Pada awalnya radio berbentuk seperti kotak atau tabung dengan disertai antena untuk mendapatkan jaringan atau sinyal frekuensi radio.

Seiring berkembangnya waktu, bentuk radio menjadi banyak variasi dan berukuran lebih kecil sehingga lebih praktis.

Selain itu studio penyiaran radio juga semakin berkembang dan yang pada awalnya hanya sebagai penyiaran berita kini radio juga dapat menjadi alat elektronik yang berperan sebagai media hiburan karena adanya acara musik yang dapat didengarkan dari radio tersebut. namun, sebenarnya siapa pencipta radio dan bagaimana perkembangannya?

Pada tahun 1864, seorang ilmuan James Maxwell memprediksi bahwa terdapat gelombang yang dapat melintasi udara dengan dipacu oleh peralatan listrik.

Prinsip tersebut muncul setelah James melihat penemuan dari Samuel Morse yang menciptakan telegraf dan Alexander Graham Bell yang menciptakan telepon.

Namun, hal tersebut masihlah berupa teori dan sempat dikembangkan oleh Heinrich Hertz namun belum ditemukan manfaat dari gelombang tersebut.

Kemudia pada tahun 1894 terdapat seorang ilmuan bernama Guglielmo Marconi yang memeperlajari ilmua-ilmu listrik dari para ilmuan sebelumnya dan ia mulai menyadari bahwa jika arus listrik sederhana dapat melintasi udara dari kawat yang satu dengan kawat yang lainnya.

Beliaupun terus melakukakan percobaan dan pengujian dari kawat-kawat tersebut disertain dengan baterai, sirkuit, dan tabung.

Selain itu beliau juga melakukan beberapa percobaan dengan denda- benda logam kawat tersebut untuk menemukan bagaimana gelombang tersebut dapat bekerja. Hasil percobaannya terus berkembang dan terus menghasilkan hal-hal baru meski terus mengalami kegagalan dan mebutuhkan waktu yang sangat lama.

Pada tahun 1899. Marconi berhasil membuat transmisi radio internasional yang mampu menempuh jarak hingga 30 mil.

Dari keberhasilan pertamanya tersebut beliau tidak langsung merasa puas dan terus membuat perkembangan dari radio pertama yang dihasilkannya tersebut.

Hasilnya beliau dapat membuat pemancar radio hingga lintas atlantik. Penemuan Marconi yang menakjubkan tersebut memberika pencerahan terhadap informasi yang bisa didapatkan bukan hanya secara daerah terbatas saja namun juga hingga ke jaringan yang lebih luas.

Baca Artikel Lainnya :

Setelah itu radio terus dikembangkan oleh ilmuan-ilmuan lainnya dengan mempelajari temuan dari Marconi dan stasiun- stasiun radio mulai banyak muncul dan mengudara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *