Sejarah Peradaban di Masa Yunani Kuno

Negara Yunani merupakan satu dari negara yang memiliki sejarah perkembangan dan keberadaan ilmu pengetahuan. Negara yang berada di kawasan Eropa ini memiliki cerita yang tentunya sudah sangat melekat di benak kita, banyaknya tokoh-tokoh ilmu pengetahuan dan juga alat-alat ciptaan mereka. Belum lagi dengan kisah-kisah mitologi yang ada di dalamnya. Beberapa diantara Anda mungkin juga mempercayai bahwa dulunya kota ini memiliki dewa dewi yang sekarang banyak sekali diceritakan di tokoh kartun.

fi 16

Yunani kuno sangat menarik untuk diulas, peradabannya dimulai pada abad ke 8 hingga abad ke 6 sebelum masehi, era kejayaannya sendiri ada pada abad ke 4 hingga abad ke 5 yang menghalangi invansi Persia oleh kepemimpinan Athena. Di abad ke 8 sebenarnya pemerintahan ingin bangkit dari zaman kegelapan setelah runtuhnya peradaban Mycenaean, dimana hilangnya literatur dan sryptus Mycenaean, karena masyarakatnya tak rela jika Yunani kuno hilang begitu saja mereka kemudian mengadopsi alphabet Phoenicia dan dimodifikasi dalam alphabet Yunani.

Dalam salah satu catatan sejarah disebutkan bahwa periode Yunani kuno adalah dalam perang lelatine, perang ini terjadi antara kota-kota di Yunani kuno yaitu Chalcis melawan Eretia dan Euboea yang menjadi perkaranya adalah perebutan tanah subur lelatine. Kemudian disusul dengan peradaban baru di abad ke 6 tahun 680 dengan adanya sistem pengenalan perdagangan yang baru. Namun disini para aristroktar mylau merasa terancam jika-jika nanti mereka akan digulingkan sehingga mencoba berlindung pada saudagar-saudagar kaya kala itu.

Karena semakin lama populasi manusia semakin bertambah, daerah bermukim menjadi sempit hal ini menyebabkan masalah baru di masa Yunani kuno kala itu. Hal ini menjadi awal perang Misseanea, masyarakat miskin kala itu harus berjuang menjadi budak yang dikenal dengan nama helot, mereka harus bekerja keras untuk sparta, yaitu setiap laki-laki diharuskan menjadi tentara sparta. Hal ini menyebabkan kesenjangan yang lebih nyata antara kaum kaya dan yang miskin kala itu.

Di abad 7 sebelum masehi Athen kembali dilanda krisis karena lahan dan agraria yang sangat kecil porsinya, hal ini menyebabkan perang untuk para penduduk sipil. Secara langsung memaksa Archo Draco membuat perubahan besar-besaran pada aturan tahun 621, namun meskipun banyak aturan yang dirubah nyatanya tak lantas membuat Draco berhasil menuntaskan persoalan tersebut.

Perubahan besar baru terjadi di tahun 594 sebelum masehi dimana masyarakat miskin mulai dirangkul oleh para aristokrat yang kala itu sedang berkuasa sehingga memberikan kestabilan di Athen.

Fase akhir pada sejarah peradaban ini adalah di abad ke 6 bagian 2 yaitu jatuhnya Athen pada seorang tiran bernama Pisistratos dan dua anaknya yaitu Hippian dan Hippharchos, walaupun di tahun 510 sebelum masehi cleomenes I berhasil membantunya untuk mengalahkan tiran tersebut.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *