Sejarah Perkembangan Situs Youtube

Siapa yang tak kenal dengan youtube, situs berbagi video ini cukup populer beberapa tahun terakhir, menjadi situs yang juga mempelopori banyaknya situs-situs berbagi video lainnya. ternyata sejarah terbentuknya situs ini sangatlah panjang. Dulunya diprakarsai oleh 3 mantan pegawai paypal atau situs pembayaran online di tahun 2005. Mereka bertiga mencoba untuk membuat sebuah media sosial dimana penggunanya dapat melihat video yang dibuat dan dilihat oleh pengguna yang lainnya.

fi 18

Awalnya situs ini dipegang secara independen oleh 3 pemiliknya yaitu Steve Chen, Chad Hurley dan Jewed Karim sebelum akhirnya di tahun 2006 situs tersebut resmi dibeli oleh Google. Youtube merupakan sebuah situs yang memberikan kebebasan pada pengguna untuk mengunggah konten yang mereka inginkan mulai dari MV, rekaman biasa atau film. Hanya saja yang bisa mengunggah adalah mereka yang tergabung sebagai member atau memiliki akun saja.

Pengguna dari situs ini ternyata tak hanya masyarakat biasa melainkan juga media korporat, jika dilihat semakin lama viewer disini semakin banyak jika dibandingkan dengan televisi, secara tak langsung pemasang iklan juga lebih tertarik untuk memberikan iklan mereka kesini, karena viewer memang tak bisa dibohongi, mereka bisa memantau sendiri. Berbeda dengan rating yang ukurannya terbatas. Jika mereka yang ingin mengunggah harus terlebih dahulu memiliki akun atau menjadi member maka berbeda dengan penonton, siapa saja bisa melihat tayangan disini tanpa harus terdaftar.

Domain youtube.com pertama kali aktif di tanggal 14 Februari 2015, hanya membutuhkan beberapa bulan saja situs tersebut sudah mulai berkembang sangat pesat. Para pembuat atau perancangnya mulai memberikan preview ke publik setidaknya 6bukan sebelum situs tersebut resmi hadir. Dulunya karena keterbatasan dana pembuatan 3 perancangnya terpaksa harus berhutang kepada para investor dengan nilai cukup tinggi yaitu 3,5 US$. Video pertama yang mereka unggah dengan judul ‘ me at the zoo’ masih bisa diunggah hingga saat ini.

Situs ini memang mengalami perkembangan yang sangat pesat, di tahun 2006 dikatakan bahwa youtube merupakan salah satu dari sekian situs yang memiliki rating tinggi dengan statistik pengguna mencapai 65000 orang perhari. Menurut survey yang pernah dilakukan situs ini termasuk dalam jajaran 5 situs paling populer bahkan mengalahkan myspace yang dalam perkembangan 1 bulan bisa menjaring hingga 20 juta penonton.

Di tahun yang sama yaitu 2006 berita yang cukup mengejutkan saat google membeli situs ini, inilah yang menjadi tonggak kesuksesan baru dari situs tersebut karena jika dilihat semakin lama semakin banyak masyarakat di seluruh dunia yang menggunakan media untuk unggah video tersebut. Hingga saat kini kita bisa dengan mudah menyaksikan beragam video dari berbagai negara di situs tersebut, kamu juga bisa mendownload aplikasinya.

Baca Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *