Sejarah Singkat Perjalanan Hidup Jokowi

Perjalanan Hidup Seorang Jokowi yaitu Joko Widodo atau yang dikenal sebagai Jokowi memiliki nama semasa kecil Mulyono, dan merupakan lulusan dari Universitas Gajah Mada. Semasa kuliah mengambil jurusan kehutanan, dan kemudian menekuni usaha pembuatan mebel.

fi 40

Namun kemudian pada tahun 2005 Jokowi meniti karir pertamanya di kancah politik tanah air dan hingga sekarang menjabat sebagai Presiden. Karir politiknya berawal dari terpilihnya beliau menjadi Walikota Surakarta, di bawah kepemimpinannya Surakarta berkembang. Dikenal sebagai Kota Seni Batik, kebudayaan, dan juga Kota Pariwisata dan dikenal luas hingga seluruh pelosok negeri.

Babak baru karir Jokowi di kancah politik dimulai pada 20 September 2012 dimana beliau terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta. Beliau menjadi Gubernur ke-16 dan mampu mengalahkan beberapa calon lain dalam pemilihan pada tahun 2012 tersebut. Lalu kemudian pada tahun 2014 dimana Indonesia akan memilih presiden baru untuk lima tahun ke depan. Jokowi memberanikan diri untuk mengikuti pemilihan calon presiden, dan terpilih sebagai presiden Indonesia yang ke-7.

Menilik Masa Kecil Jokowi

Jokowi dilahirkan oleh pasangan Noto Miharjdo dan Sujiatmi Notomiharjdo, yang merupakan anak sulung dan menjadi anak laki-laki satu-satunya. Ia memiliki tiga orang adik yang kesemuanya adalah perempuan. Ayah beliau adalah orang Karanganyar dan kemudian kakek serta nenek Jokowi sendiri merupakan orang asal Boyolali. Kehidupan masa kecil Jokowi jauh dari kata mewah namun justru sebaliknya. Ia menempuh pendidikan di sekolah untuk kalangan menengah ke bawah dan harus bekerja untuk bisa membeli beberapa peralatan tulis.

Kesederhanaan dalam hidupnya terus berlanjut, bahkan mulai terlihat saat masih duduk di sekolah dasar. Dimana ia lebih memilih berangkat dan pulang sekolah berjalan kaki meskipun semua teman-temannya memilih mengayuh sepeda. Saat menginjak usia 12 tahun keterampilannya dalam membuat kerajinan dari bahan kayu mulai terlihat dan terasah.

Semasa kecil hingga remaja beliau mengalami penggusuran rumah hingga 3 kali, dan memberikan sebuah pola pikir baru. Yakni ketika ia memiliki kesempatan menjadi walikota berusaha untuk memindahkan pemukiman ke tempat yang tepat dengan cara yang tepat pula.

Semangat jokowi untuk selalu meneruskan pendidikan berbuah manis, dimana beliau berhasil masuk ke jurusan Kehutanan di UGM, Yogyakarta. Selepas dari UGM beliau kemudian meniti karir pertamanya di sebuah perusahaan kertas di Aceh. Setelah istrinya hamil 7 bulan, beliau memutuskan untuk resign dan kembali ke Surakarta kemudian bekerja bersama dengan pamannya.

Hingga pada akhirnya Jokowi berhasil membuka sebuah perusahaan yang bergerak di bidang mebel sendiri. Usaha tersebut diberi nama CV Rakabu yang kemudian bangkrut lantaran terkena tipu oleh klien yang mangkir dari pembayaran. Baru kemudian beliau memutuskan untuk terjun ke dunia politik dan mendapatkan karir yang cemerlang.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *