Sejarah Singkat Perjalanan Hidup Patih Gajah Mada

Sosok Panglima Gajah MadaGajah Mada adalah seorang panglima perang terkemuka dari Kerajaan Majapahit, dan mulai dikenal sejak tahun 1313. Patih Gajah Mada mulai menapaki karirnya dalam pemerintahan Majapahit ialah pada waktu Sri Jayanagara memegang kekuasaan pemerintahan. Kemudian saat pemerintahan mengalami perubahan pemimpin, yakni di tangan Ratu Trhibuwana Wijayatunggadewi. Gaja Mada kembali mendapatkan kehormatan dan kesempatan untuk menjabat lagi sebagai panglima perang.

fi 56

Karir Gajah Mada mengalami perkembangan yang sangat pesat, menapaki jenjang karir yang terus menanjak. Jabatan yang pernah ia pegang selain menjadi seorang patih ialah mahapatih, dan juga amangkubumi yang merupakan jabatan setara Perdana Menteri. Ketika beliau mendapatkan jabatan sebagai Amangkubumi inilah kejayaan kerajaan Majapahit didapatkan. Hal inilah yang menjadikan gajah Mada sebagai tokoh bersejarah yang memiliki pengaruh besar dalam peradaban manusia.

Sejarah Masa Kecil Gajah Mada

Dari catatan sejarah yang ada, hanya ada catatan singkat yang membahas mengenai masa kecil Patih Gajah Mada. Dalam catatan tersebut menuturkan bahwa Gajah Mada merupakan seorang anak laki-laki yang terlahir dari pasangan rakyat jelata. Hingga kemudian menjelang masa remaja beliau meniti karir di bidang politik kerajaan menjadi seorang tentara. Semasa menjadi tentara berkat kecerdasannya, beliau menjabat sebagai Bayangkara dan merupakan pimpinan tentara elit pada masa tersebut.

Jabatan Bayangkara yang ia emban memberikannya tugas elit untuk memberikan perlindungan terhadap para raja dan ratu. Hingga kemudian di tubuh pemerintahan terjadi sebuah pemberontakan yang dipimpin oleh Ra Kunti. Gajah Mada pada masa itu memiliki tugas utama untuk menyelamatkan seluruh keluarga kerajaan ke tempat yang aman. Kemudian menumpas para pemberontak, dan mendapatkan kemenangan yang selanjutnya ia mendapatkan jabatan baru sebagai Patih.

Sejarah Perjuangan Patih Gajah Mada

Perguliran kekuasaan yang kemudian dipegang oleh Ratu Tribuwana Wijayatunggadewi menjadikan gajah Mada menjadi sosok penting. Semasa menjabat sebagai panglima perang, Gajah Mada telah berhasil menaklukkan serangan para pemberontak. Beberapa pemberontakan berhasil digagalkan dan menjadikannya berada dalam jabatan yang paling dihormati dan diperhitungkan keberadaannya. Masa ini pula sosoknya dikenal sebagai pemegang aman dan dikenal lewat sumpahnya yang hingga sekarang tetap dikenang.

Lahirnya Sumpah Palapa menjadikannya sebagai sosok yang mengubah dunia, lewat sumpah tersebut beliau ingin menyatukan nusantara di bawah kepemimpinan Majapahit. Pada masa tersebut sumpah yang diucapkan dianggap terlalu ambisius dan sulit untuk direalisasikan mengingat banyak kerajaan tangguh di luar sana. Namun berkat semangat dan kecerdasannya, Majapahit mampu memperluas wilayah kekuasaan hingga menaklukkan kerajaan besar seperti Sriwijaya.

Sama halnya ketika kepemimpinan jatuh di tangan Hayam Wuruk maka kekuasaan Majapahit semakin meluas. Hingga dahulunya Singapura, Brunei Darusallam, dan Malaysia menjadi satu kesatuan nusantara di bawah tangan Patih Gajah Mada.

Baca Artikel Lainnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *