Sejarah Singkat Tentang Ngawi

Ngawi adalah sebuah kota yang berada di propinsi Jawa Timur. Kata Ngawi berasal dari kata dasar Awi yang dalam bahasa daerah artinya bamboo.

Namun seperti kebiasaan masyarakat jawa yang selalu menambahkan imbuhan yang diucapkan sengau berupa Ng pada beberapa kata yang digunakan dalam percakapan sehari – hari, maka awi menjadi Ngawi.

k 37

Kota Ngawi memang identik dengan banyaknya pohon – pohon bambu. Filosofi nama Ngawi sendiri sangat dalam nilainya.

  • Bambu merupakan senjata yang paling banyak digunakan oleh pejuang – pejuang kemerdekaan Indonesia
  • Bambu memegang peranan penting dalam kehidupan sehari – hari, pemanfaatan bambu antara lain sebagai bahan dasar pembuatan rumah, atap rumah, perabotan rumah seperti kursi, meja dan dipan, serta berbagai manfat lainnya.
  • Dalam agama Budha, bambu merupakan tempat yang suci

Ngawi sebagai sebuah kota yang sengaja dibentuk tentu saja memiliki hari jadi tersendiri. 7 Juli 1358 Masehi Ditetapkan Sebagai ”Hari Jadi Ngawi”

Banyak tokok masyarakat di Indonesia yang berasal dari Ngawi sebut saja : Sri Bintang Pamungkas, Ratih Sanggarwati, dr. Radjiman Wedyodiningrat, Srie Edi Swasono, dan pelawak Kirun adalah beberapa contohnya.

Ngawi memeiliki makanan khas berupa tepo tahu. Makanan ini pertama kali dibuat oleh seorang took bernama Bapak Palio.

Tepo tahu sendiri memiliki deskripsi terdiri dari tepo atau makanan sejenis lontong namun  dengan tekstur yang lebih lembut dicampur dengan tahu yang digoreng dengan telur yang kemudian diberi kuah dari komposisi antara kecap, air asam jawa dan campuran bumbu dasar halus.

Tepo dan tahu telur di potong potong kemudian diberi toping berupa tauge rebus, seledri bawang goreng dan kacang goreng. Walalupun nampak sederhana, tepo tahu ini rasanya sangat lezat dan aromanya menggugah selera.

Baca Artikel Lainnya :

Selain makanan Ngawi juga memiliki minuman khas, yaitu cemue. Cemue ini agak mirip dengan sekoteng  yang asli Jakarta. Namun yan gmembedakan adalah toping cemue yang berupa bawang goreng dan kacang goreng serta ada campuran santan di kuahnya.

Ngawi sebagai bagian dari Indonesia, adalah sebuah kota dengan budaya dan adat istiadat yang tidak terniali harganya.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *