Sejarah Terbentuknya Kota Pinggiran Jakarta, Kota Depok

Sejarah Terbentuknya Kota Pinggiran Jakarta, Kota Depok – Depok merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Jawa Barat yang terletak diantara kota Bogor dan kota Jakarta.

11

Kota yang dijuluki sebagai Kota Belimbing ini diberi nama Depok yang diambil dari nama sebuah padepokan kristiani yang bernaman De Eerste Protestante Organisative van Christine sehingga bila disingkat menjadi nama Depok.

Konon, menurut para ahli sejarah kota Depok telah berpenghuni sejak jaman dahulu yaitu sejak massa Mesolitikum. Hal ini dikarenakan ditemukannya bukti- bukti berupa benda- benda prasejarah. Benda- benda tersebut seperti batu, alat atau senjata golok, dan juga ditemukannya suatu sumur.

Selain itu juga konon kota Depok dahulunya merupakan sebuah benteng dari kerajaan Muara Beres yang terletak disepanjang sungai ciliwung. Benteng tersebut dijadikan sebagai pertahanan pasukan Jayakarta untuk melawan pasukan dari kerajaan Padjajaran dan kerajaan Cirebon yang hendak mengambil atau menguasai wilayah sekitar sungai ciliwung tersebut. hal tersebut dibuktikan dengan ditemukannya sebuah cincin emas kuno peninggalan jaman kerajaan Padjajaran oleh DR. NJ. Krom yang kini disimpan di Museum Jakarta.

Selain itu dirumah penduduk desa Kawung Pundak ditemukan pula senjata- senjata kuno yang dipercaya merupakan senjata pusaka bekas terjadinya peperangan kerajaan- kerajaan pada jaman dahulu.

Selain kisah kerajaan, di Depok juga terkenal kisah penyebaran agama islam. Agama Islam mulai masuk dan mempengaruhi kota Depok bermula pada tahun 1527 dan masuknya agama tersebut bersamaan dengan perlawanan kerajaan Banten dan Cirebon untuk melawan VOC yang saat itu menduduki wilayah Jayakarta.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peninggalan yang berciri khas agama islam seperti terdapatnya masjid kuno di Karadenan yang sebenarnya merupakan masjid pertama milik kota Bogor hanya saja karena letaknya yang berada diperbatasan antara Depok dan Bogor yaitu letaknya hampir dekat dengan sungai Ciliwung.

Selain itu di kota Depok juga ditemukan makam Ratu Anti atau Ratu Mermunah yang merupakan istri dari salah satu seorang prajurit Banten dan juga sebagai penyebar agama Islam.

Selain sejarah pembentukan kotanya, ternyata wilayah- wilayah yang ada di kota Depok juga memiliki sejarah tersendiri yaitu salah satunya yang terkenal adalah jalan Margonda. Jalan Margonda yang menjadi gerbang utama saat memasuki kota Depok ini ternyata adalah nama seorang pemuda yang melawan pasukan VOC saat akan mengambil kekuasaan wilayah Depok- Bogor.

Margonda tersebut merupakan pimpinan dari gerakan pemuda yang diberi nama AMRI (Angkatan Muda Republik Indonesia). Untuk mengenang keberanian pemuda tersebut maka Margonda di jadikan sebagai nama salah satu jalan besar yang ada di kota Depok.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *