Sejarah Terciptanya Televisi dan Ketenaran John Logie Baird

Sejarah Terciptanya Televisi dan Ketenaran John Logie Baird – Televisi merupakan salah satu elektronik rumah tangga yang hampir pasti dimiliki oleh semua orang dirumahnya.

Televisi memang menjadi kebutuhan karena melalui televisi beragam informasi dapat dengan mudah didapatkan.

Untitled

Seperti radio beragam acara dapat ditayangkan melalui televisi bahkan dengan memberikan gambar sehingga informasi yang diberikan menjadi lebih jelas dna dapat mudah dimengerti. Selain memberikan informasi, televise juga dijadikan sebagai media hiburan karena berbagai acara baik musik, film, serta acara yang lainnya dapat ditayangkan di televisi tersebut.

Awalnya televise berbentu seperti tabung dan memiliki batasan warna yaitu hanya hitam dan putih.

Namun, seiring berkembangnya jaman perkembangan televisi semakin meningkat hingga televise menimbulkan warna sesuai objek aslinya sehingga gambar telihat lebih nyata dan semakin menarik untuk dilihat.

Selain itu semakin majunya teknnologi, bentuk dan ukuran televisipun semakin beragam bahkan lebih praktis. Umumnya televise diletakan diatas meja ataupun lemari sebagai penyangganya.

Kini televise dapat ditempel di dinding rumah dengan layar yang lebar dan datar serta gambar yang sangat tajam sehingga memanjakan orang yang melihatnya. Lalu bagaimana ya sejarah terciptanya televisi?

Televisi diciptakan oleh John Logie Baird dari Skotlandia yang memiliki prinsip bahwa citra visual dapat ditransmisikan.

John merupakan seorang pemuda yang berasal dari keluarga yang sangat sederhana, bahkan untuk mendapatkan pendidikan kuliah, beliau rela bekerja sebagai penjual sepatu dan sales penjual silet.

Namun, John tidak pernah merasa minder dan berkeinginan untuk menciptakan suatu alat yang hebat dan dapat bermanfaat untuk manusia.

John rajin melakukan beberapa percobaan dengan mengotak-atik mesin untuk kemudian dapat menciptakan suatu gambar hingga terbentuklah teleivisi pertama yang ia ciptakan.

Pada tahun 1925, beliau mendemonstrasikan televisi ciptaannya di depan umum dan mendapatkan respon yang baik. Tidak puas dengan hasil yang telah beliau ciptakan, John terus melakukan percobaan agar televisi yang ia ciptakan terus berkembang dan lebih canggih.

Semenjak saat itu John menjadi seorang yang terkenal atas ciptaannya dan mulai banyak professor yang ingin ikut melakukan percobaan bersamanya.

Baca Artikel Lainnya :

Percobaan yang terus ia kembangkan tersebut mulai dilirik oleh para investor dan mulai dijadikan sebagai proyek. Sistem kerja televisi yang beliau ciptakan tersebut menggunakan gabungan teknologi optik, mekanik, dan elektronik untuk menampilkan dan menampilkan gambar.

Hingga sekarang karyanya terus dikembangkan oleh ilmuan- ilmuan hingga terciptalah televise yang lebih modern dengan tingkat gambar, bentuk, dan desain yang semakin canggih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *