Sejarah Terjadinya Perang Dunia I

Sejarah Terjadinya Perang Dunia I – Perang dunia I juga sering disebut dengan perang besar merupakan sebuah perang dunia yang berpusat di benua Eropa yang dimulai pada tanggal 28 Juli 1914 dan berakhir sampai tanggal 11 November 1918.perang I

Lebih dari 7 juta pejuang sipil yang meninggal sebagai hasil dari perang dunia pertama ini, tingkat jumlah korban yang diakibatkan oleh teknologi Negara-negara yang berperang dan industialisme serta teknik mengunci.

Itu merupakan satu dari konflik utama di dalam sejarah, membuka jalan untuk perubahan politik utama termasuk revolusi-revolusi di banyak Negara yang terlibat.

Perang menggambarkan di semua kekuatan besar ekonomi dunia, yang dipasang di dua sekutu berlawanan : sekutu (berdasarkan pada perjanjian tiga degara yaitu Amerika Serikat, Perancis dan kerajaan Rusia) dan kekuatan pusat Jerman dan Austria-Hungaria.

Meskipun Italia juga menjadi anggota dari tiga Negara (Triple Entente) bersama Jerman dan Austria-Hungaria, itu tidak bergabung dengan kekuatan pusat, sebagaimana Austria-Hungaria mengambil serangan melawan sekutu.

Sekutu tersebut disusun kembali dan diperluas dengan beberapa Negara masuk ke dalam perang seperti Italia, Jepang dan Amerika Serikat bergabung dengan sekutu dan kerajaan Ottoman dan Bulgaria kekuatan pusat. Lebih dari 70 juta personal militer termasuk 60 juta orang Eropa degerakkan dalam satu perang terbesar di dalam sejarah.

Pemicu untuk perang adalah pada tanggal 28 Juni 1914, pembunuhan Archduke Franz Ferdinand dari Austria, yang merupakan pewaris mahkota Austria-Hungaria oleh nasionalis Yugoslav Gavrilo Princip di Sarajevo.

Ini menyebabkan krisis diplomatic ketika Austria-Hungaria menyampaikan sebuah ultimatum ke kerajaan Serbia dan melibatkan terbentuknya sekutu-sekutu internasional lebih dari dekade sebelumnya yang pernah ada. Dalam waktu seminggu, kekuatan utama berada di perang dan konflik segera menyebar di sekitar dunia.

Pada tanggal 28 Juli 1914, Austria-Hungaria mendeklarasikan perang di Serbia dan selanjutnya menyerbu. Kemudian Russia menggerakkan dukungannya ke Serbia, Jerman menyerbu Belgia dan Luxemburg yang tidak bergabung dengan kelompok kekuatan manapun sebelum pindah menuju Perancis, memimpin kerajaan inggris untuk mendeklarasikan perang di Jerman.

Setelah gerakan Jerman pada Paris diberhentikan, apa yang menjadi dikenal sebagai sector bagian barat menyelesaikan ke dalam sebuah pertarungan kekurangan dengan sebuah baris perlindungan yang akan berubah sedikit sampai tahun 1917.

Sementara itu, pada sector bagian timur, tentara rusia berhasil melawan pasukan Austria-Hungaria tetapi dihentikan di penyerbuan Prussia Timur oleh pasukan Jerman.

Di bulan November 1914, kerajaan Ottoman bergabung dengan kekuatan pusat, pembukaan sector di Caucasus, Mesopotamia dan Sinai. Italia bergabung dengan sekutu di tahun 1915 dan Bulgaria bergabung dengan kekuatan pusat di tahun yang sama ketika Romania bergabung dengan sekutu di tahun 1916 dan Amerika Serikat bergabung dengan sekutu di tahun 1917.

Pemerintah Russia runtuh di bulan Maret 1917 dan sebuah revolusi di bulan November membawa Russia dengan kekuatan pusat melalui perjanjian Brest Litovsk yang mengangkat kemenangan Jerman sampai ditiadakan kemenangan sekutu Barat di tahun 1918.

Setelah musim semi 1918 Jerman menyerang bersama dengan sector barat, sekutu menyatu dan memukul mundur Jerman di serangkaian serangan yang sukses. Pada tanggal 11 November 1918, berakhirnya perang dengan kemenangan untuk pihak sekutu.

Baca juga : Perjanjian Renville Antara Belanda dengan Indonesia

Loading…

One thought on “Sejarah Terjadinya Perang Dunia I

  1. Pingback: Sejarah Terjadinya Perang Dunia yang Kedua | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *