Sejarah Terjadinya Perang Dunia yang Kedua

Sejarah Terjadinya Perang Dunia yang Kedua – Perang dunia yang kedua merupakan sebuah perang global yang terjadi dari tahun 1939 hingga tahun 1945, walaupun berhubungan dengan konflik yang dulai di awal.untitled

Itu melibatkan sangat banyak mayoritas Negara-negara di dunia termasuk semua kekuatan besar yang pada akhirnya membentuk dua kekuatan sekutu yang daling bertentangan atau bermusuhan yaitu sekutu dan poros. Perang dunia yang kedua ini merupakan perang yang paling luas dalam sejarah dan melibatkan banyak orang bahkan lebih dari seratus juta orang dari lebih dari 30 negara.

Dalam perang ini, negara-negara besar yang berpartisipasi menggunakan semua kekuatan ekonomi, industry dan juga ilmu pengetahuan untuk kepentingan perang tersebut.

Menghapus perbedaan antara orang sipil dan militer. Hal ini ditandai dengan kematian orang-orang sipil dalam jumlah banyak termasuk Holocaust dan stategi pengeboman pusat pemukiman dan industry (yang mana diperkirakan satu juta orang terbunuh dan termasuk pemboman atomic terhadap dua titik di Jepang yaitu Hiroshima dan Nagasaki), dari semua tindakan ini diperkirakan membunuh 50 juta hingga 85 juta orang. Semua hal ini menyebabkan perang duni yang ke dua konflik yang paling mematikan di dalam sejarah umat manusia di dunia.

Kerajaan Jepang bertujuan untuk mendominasi Asia dan Pasifik serta telah dalam peperangan dengan Republik Cina di tahun 1937 tetapi perang dunia secara berangsur dapat dikatakan telah dimulai pada tanggal 1 September 1939 dengan penyerbuan Polandia oleh Jerman dan selanjutnya deklarasi-deklarasi perang terhadap Jerman oleh Perancis dan kerajaan Inggris.

Dari akhir tahun 1939 sampai pada awal tahun 1941 di serangkaian perjanjian, Jerman mengontrol banyak Negara di benua Eropa dan membentuk aliansi poros dengan Italia dan Jepang. Berdasarkan pada perjanjian Molotov-Ribbentrop di bulan Agustus 1939, Jerman dan uni soviet terbagi dan menggabungkan wilayah dari tetangga Eropanya sperti Polandia, Finlandia, Romania dan Baltic.

Selama setahun kerajaan inggris merupakan satu-satunya pasukan sekutu yang terus menerus berjuang melawan kekuatan poros Eropa. Di Bulan Juni 1941, kekuatan poros Eropa meluncurkan penyerbuan ke Uni soviet, pembukaan lapangan perang terbesar di dalam sejarah yang mana mengepung sebagian besar pasukan militer aliansi poros ke dalam perang attrition.

Di bulan Desember 1941, Jepang menyerang Amerika Serikat dan wilayah Eropa di samudera Pasifik dan dengan cepat menguasai sebagaian daerah barat pasifik.

Perang di Eropa berakhir dengan sebuah penyerbuan Jerman oleh sekutu barat dan Uni soviet yang puncaknya di penangkapan Berlin oleh pasukan Uni soviet dan Polish serta selanjutnya pengepungan Jerman di tanggal 8 Mei 1945.

Diikuti dengan deklarasi Postdam oleh sekutu pada tanggal 26 Juli 1945 dan penolakan Jepang untuk dikepung dengan syarat Amerika Serikat menjatuhkan bom atom di daerah perkotaan Jepang yaitu Hiroshima dan Nagasaki pada tanggal 6 dan 9 Agustus berturut-turut.

Dengan penyerbuan daerah tanah air Jepang, kemungkinan penambahan bom atom dan deklarasi perang Uni Soviet terhadap Jepang serta penyerbuan dan pengepungan Jepang pada tanggal 15 Agustus 1945, itu semua mengakhiri peperangan di Asia dan kemenangan penuh berada ditangan sekutu.

Baca juga : Sejarah Terjadinya Perang Dunia I

Loading…

2 thoughts on “Sejarah Terjadinya Perang Dunia yang Kedua

  1. Pingback: Kesepakatan Roem Royen antara Belanda dan Indonesia | Joko Warino Blog

  2. Pingback: Inilah 10 Tsunami Terparah Di Dunia | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *