Sejuta Manfaat dan khasiat daun sirih merah untuk kesehatan

Sejuta Manfaat dan khasiat daun sirih merah untuk kesehatan – Daun sirih merupakan tanaman jenis merambat yang banyak tumbuh di Indonesia. Daun sirih sudah lama dikenal sebagai salah satu tumbuhan untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti, mimisan, perut kembung, serta biasanya juga digunakan sebagai pembersih daerah kewanitaan. Daunsirih memiliki zat zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghindarkan tubuh dari berbagai macam penyakit.

Untitled

Daun sirih sendiri merupakan tanaman dari daerah tropis, ciri dari tanaman tropis sendiri adalah berbatang bulat dengan warna hijau keunguan serta tidak berbunga. Permukaan daridaun sirih berwana merah mengkilap serta tidak merata. Bertangkai membentuk jantung hatidan pada bagian atas daunnya meruncing.

Di beberapa daerah daun sirih biasa dikunyah bersama gambir, buah pinang dan kapur. Orang dulu percaya kegiatan ini yang biasanya disebut dengan nyirih dapat menyehatkan mulut kita, terutama untuk menjaga agar gigi bersih dan kuat. Oleh karena itu banyak orang di daerah pedesaan yang masih memegang tradisi nyirih ini.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa daun sirih merah memiliki manfaat untukkesehatan serta kecantikan. Beberapa kandungan yang ada pada minyak astiri yang didapatkan dari daun sirih adalah minyak terbang, seskuirterpen, diastase, pati. Gula serta zat samak dan kavikol yang memiliki fungsi untuk mematikan kuman, anti oksidasi serta fungisida,dan anti jamur.

Untuk daun sirih merah sendiri memiliki beberapa khasiat untuk menjaga kesehatan pada tubuh, berikut ini adalah beberapa manfaat dari daun sirih merah untuk tubuh.

  • Membantu mengobati penyakit kanker
  • Menurunkan kadar kolesterol yang berlebih
  • Menyembuhkan penyakit batu ginjal
  • Untuk mengobati penyakit asam urat
  • Menyembuhkan masuk angin atau kembung
  • Mengobati radang prostat
  • Meredakan nyeri pada sendi
  • Menyembuhkan penyakit radang ginjal
  • Untuk membersihkan daerah kewanitaan dari keputihan

Itulah beberapa khasiat dari daun sirih, karena memang sudah terbukti daun sirih dapat menyembuhkan penyakit penyakit seperti diatas tidak ada salahnya bagi kita untukmengkonsumsi daun sirih sebagai salah satu tanaman pencegahan ataupun juga pengobatanuntuk penyakit diatas, terutama khasiat daun sirih yang dapat menyembuhkan kanker. Selain itu beberapa orang masih percaya bahwa daun sirih dapat menyembuhkan penyakit lain seperti ambeien, sebagai anti dari serangan mikroba dan sering juga digunakan sebagai obat kumur untuk mengobati kuman atau bakteri yang ada dalam mullut kita.

Cara untuk mengkonsumsi daun sirih juga tidak terlalu sulit, pertama pilh daun sirih yang sudah agak tua, tetapi jangan terlalu tua, kemudian cuci daun sirih sampai bersih dari kotoran yang menempel. Kemudian siapkan air rebusan secukupnya. Setelah itu rebus daun sirih hingga menyisakan air sebanyak 1 gelas. Air rebusan inilah yang dapat kita konsumsi setiap hari. Itulah beberapa manfaat dari daun sirih merah yang sangat berguna bagi tubuh manusia, khususnya sebagi obat untuk beberapa penyakit.

Dari beberapa info diatas tidak ada salahnya apabila anda mulai untuk mengkonsumsi daunsirih merah, selain sebagai pengobatan mengkonsumsi daun sirih juga dapat digunakan sebagai pencegahan dari serangan penyakit penyakit yang berbahaya seperti diatas. Usahakan dalam mengkonsumsi daun sirih ini juga tidak secara berlebihan agar kandungan zat zat yang berguna dari daun sirih menjadi tidak berguna bagi tubuh. Sekian informasi mengenai khasit dari daun sirih semoga berguna bagi anda.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *