Sekelumit Pengetahuan Tentang Mamalia

a1Sekelumit Pengetahuan Tentang Mamalia – Siapa yang tidak tahu dengan golongan hewan mamalia? Diambil dari bahasa latin yaitu glandula yang berarti kelenjar, dan juga mamae yang berarti susu, maka mamalia dapat diartikan sebagai jenis hewan yang memiliki kelenjar susu dimana untuk yang berjenis kelamin betina, kelenjar tersebut bisa menghasilkan susu yang biasanya digunakan untuk menyediakan asupan makanan bagi anak-anaknya yang masih kecil. Itulah mengapa mamalia juga sering disebut sebagai hewan menyusui.

Hewan yang termasuk dalam kelas vertebrata (bertulang belakang) ini, memiliki ciri lain yaitu berkembang biak secara vivipar atau melahirkan keturunannya. Alat pernafasan yang digunakan kebanyakan menggunakan paru-paru, sehingga hewan kelas ini bisa mempertahankan suhu tubuhnya agar tetap konstan pada berbagai temperatur yang berbeda (homoiterm). Adapun pembagian kelas dalam golongan hewan ini, terbagi atas ordo-ordo sebagai berikut.

Marsupialia (mamalia yang berkantung)

Salah satu ciri unik dari ordo ini adanya semacam kantung atau marsupium pada bagian perut betinanya. Kantung ini berfungsi sebagai tempat perkembangan bagi anak yang dilahirkannya dalam kondisi kurang lengkap dan berukuran kecil, serta biasanya masih menempel pada puting betina induknya. Contoh ordo ini seperti kanguru dari Australia, Koala dari China atau juga kuskus.

Insektivora (pemakan serangga)

Hewan yang masuk ke dalam golongan karnivora ini, biasanya berciri telapak kaki yang melebar. Pada bagian ujung kakinya juga terdapat kuku atau cakar yang digunakan untuk kemudahan bergerak dan menangkap mangsa. Termasuk dalam ordo ini seperti scalopus sp dan scapanus sp.

Dermoptera (mamalia bersayap)

Berasal dari bahasa Yunani derma yang berarti kulit dan ptera yang berarti sayap, ordo ini memiliki kemampuan cukup unik yaitu mampu seperti terbang. Ini disebabkan karena pada bagian kaki sisi kanan dan kiri, terdapat bulu (patagium) yang mampu mengembang seperti parasut ketika semua kakinya direnggangkan. Masuk dalam ordo pemakan buah-buahan dan daun ini adalah gakopithecus sp.

Chiroptera

Berbeda dengan ordo dermopthera yang seperti bisa terbang, ordo ini memang punya kemampuan untuk bisa terbang berkat adanya membran interdigital pada kaki depan serta belakang. Kebanyakan hewan ini bersifat nocturnal (beraktivitas pada malam hari). Masuk dalam golongan pemakan buah ini adalah kalong (pteropus edulis).

Primata

Kelebihan ordo ini, spesiesnya ada yang tergolong dalam jenis omnivora (pemakan segala), karnivora (pemakan daging) dan herbivora (pemakan buah/daun). Dengan ciri fisik tangan besar dan jari kuat, ordo yang hidup secara nocturnal serta bisa juga diurnal ini merupakan paling mirip dengan manusia.

Ordo lain yang termasuk dalam kelas mamalia seperti:

  • Rodentia, tak bergigi taring dengan habitat segala tempat,
  • Carnivora, pemakan daging dengan kepemilikan gigi taring dan cakar yang kuat,
  • Laghomorpha, pemakan tumbuh-tumbuhan,
  • Catacea, kebanyakan hidup di laut,
  • Proboscidea,adalah jenis gajah,
  • Perissodactyla, hewan berkaki ganjil,
  • Artiodactyla, bewan berkaki genap.

Baca Artikel lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Sekelumit Pengetahuan Tentang Mamalia

  1. Pingback: Pembagian Jenis Bakteri Gram Positif Serta Karakteristiknya | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *