Sekilas Mengenai Unsur Hara Fosfor (P)

Sekilas Mengenai Unsur Hara Fosfor (P) – Fosfor (P) adalah salah satu jenis unsur hara yang diperlukan oleh tanaman dalam jumlah yang relatif besar dan juga termasuk dalam hara makro. namun jumlah P ini di dalam tanaman diketahui lebih kecil di bandingan unsur N dan K, namun peran P ini snagat penting bagi tanaman karena kunci dari kehidpan tanaman tersebut. unsur P yang berada di dalam tanah didapat dari berbagai sumber baik dari bahan organik, pupuk buatan, seperti kompos serta mineral tanah.

azz

Tanaman dapat menyerap fosfor dalam bentuk ion ortofosfat (H2PO4-) dan juga ion ortofosfat sekunder (HPO4=).namun unsur P ini dapat diserap dalam bentuk lainnya, bentuk tersebut mencangkup Pirofosfat dan juga Metafosfat dan bahkan unsur P dapat diserap oleh tanaman dalam bentuk senyawa-senyawa organik yang larut dalam air, sebagai contoh yaitu asam nukleat dan juga phitin.

Unsur hara P ini yang di serap tanaman dalam bentuk sebuah ion anorganik  akan menjadi cepat berubah menjadi senyawa yang organik. fosfor yang saya maksut ini adalah fosfor yang mudah bergerak atau dengan istilah lain mobil antar kjaringan tanaman. Biasanya di dalam tanaman saat pertumbuhan kadar yang snagat optimam bekisar 0.3% – 0.5% dari berat kering tanaman tersbut.

Sedangkan bila di lihat dari Fungsi fosfor (P), fosfor berfungsi dalam pembelahan sel, Proses pembentukan albumin, proses pembentukan bunga, dan proses pembentukan buah dan biji.

Selain itu fungsi tersebut fosfor snagat berferan untuk mempercepat pematangan buah, memperkuat batang tanaman , untuk perkembangan akar tanaman, memperbaiki kualitas dan produksi tanaman, unsur fosfor juga dapat di jadika sebagai daya tahan dari penyakit yang menyerang tanaman.

Apabila tanamanan kekurangan unsur P ini makan tanaman akan mengalami gejala bagian tulang daun akan berwarna merah keunguan, daun kan perlahan lahan menggulung dan terpelintir, serta daun, cabang dan batang juga berubah warna menjadi ungu. dalam proses kekurangan unsur P ini menyebabkan terhabatnya proses pembuahan dan proses pertumbuhan.

Sedangkan cara penanganan kekurangan unsur P dengan menambahkan pupuk kimia seperti SP36 (P=36%), NPK, MKP dan dapat juga memberikan pupuk daun kandungan P tinggi. nah itulah sekilas pembahasan mengenai Unsur hara P. semoga bisa beran faat. salam ilmu tanah…

Baca Artikel Lainnya :

 

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *