Sekilas Mengenai Sri Mulyani Indrawati

Sri Mulyani Indrawati itulah nama lengkap wanita yang dilahirkan di Bandar Lampung ini pada tanggal 26 Agustus 1962 yang pada tahun 2015 ini beliau berumur 53 tahun.

Wanita ini merupakan orang Indonesia yang pertama yang dapat menjabat sebagai seorang Direktur Pelaksana di Bank Dunia.

q 161

Sejak tanggal 1 Juni 2010 Jabatan ini telah diembannya. Sebelumnya, pada masa cabinet mantan presiden SBY, beliau menjabat sebagai Menteri Keuangan di Kabinet Indonesia Bersatu. Pada saat beliau menjadi Direktur Pelaksana di Bank Dunia maka beliau pun harus meninggalkan jabatan yang dipegangnya sebagai menteri keuangan saat itu.

Sebelum beliau menjabat menteri keuangan, beliau pernah menjabat sebagai Menteri Negara dalam Perencanaan Pembangunaan Nasional atau Kepaala Bappenas dari Kabinett Indonesia Bersatu.

Wanita ini sebelumnya telah dikenal sebagai pengamat di bidang ekonomi di Indonesia. Beliau  pernah menjabat sebagai Kepaala Lembaga Penyeliidikan Ekonomi dan Massyarakat Fakultass Ekonomi UI (LPEM FEUI) sejak bulan Juni 1998.

Pada tanggal 5 Desember 2005, ketika Presiden SBY mengumumkan untuk perombakan kabinetnya, Sri Mulyani dipindahkkan menjadi Menteri Keuangan yang menggantikan Jusuf Anwar saat itu.

Sejak 2008, ia telah menjabat sebagaii Pelaksana Tugas Menteri Koordiinator Bidaang Perekonomian, setelah itu Menko Perekonomian Dr. Boediono diilantik sebagaii Guberrnur Bank Indonesia.

Wanita ini pernah dinobatkan sebagaai Menteri Keuangan terbaik Asia oleh Emerging Markets untuk tahun 2006 pada tanggal 18 September 2006 dan di sela Sidang Tahunaan Bank Dunia dan juga IMF di Singapura.

Beliau juga pernah terpilih sebagai wanita yang paling berpengaruhh ke-23 di dunia versii majalah Forbes di tahun 2008 dan juga wanita paliing berpengaruh ke-2 di Indonesia versii majalah Globe Asia di bulan Oktober 2007.

Managing Director dan Chief Operating Officer, Bank Dunia Sebagai Managing Director dan Chief Operating Officer, Sri Mulyani Indrawati bertanggung jawab untuk operasi lembaga di semua wilayah.

Dia juga mengawasi praktik baru global dan daerah solusi lintas sektoral yang menyatukan keahlian terbaik dari seluruh Kelompok Bank dan dari mitra untuk membantu mengatasi tantangan pembangunan yang paling kompleks.

Selain itu, ia mengawasi wakil presidensi administrasi lainnya dan fungsi, termasuk Integrity Vice Presidency, Sanksi Dewan Sekretariat dan Kantor Evaluasi dan Suspension.

Wanita ini bergabung dengan Bank Dunia pada Juni 2010. Sebelumnya beliau menjabat seebagai menteri di Indonesia keuangan selain menjadi Menteri Koordinator urusan ekonomi. Dia memimpin Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia sebelum posisinya sebagai Menteri Keuangan.

Posisi sebelumnya dia termasuk Direktur Eksekutif Dana Moneter Internasional, staf pengajar di Universitas Indonesia dan Visiting Professor di Andrew Young School of Public Policy di Georgia State University. Ibu Indrawati gelar Ph.D. di bidang ekonomi dari University of Illinois dan BA di bidang ekonomi dari Universitas Indonesia.

Wanita paling senior di Bank Dunia memiliki dua tujuan yaitu: mengakhiri kemiskinan ekstrim dan mempromosikan kemakmuran bersama.

Indrawati bergabung dengan organisasi itu pada tahun 2010 dan bertanggung jawab untuk operasi di seluruh wilayah di seluruh dunia dan jaringan pembangunan manusia, termasuk pengurangan kemiskinan, manajemen ekonomi dan pengembangan sektor swasta.

Baca Artikel Lainnya :

Sebelum bergabung dengan Bank Dunia, University of Illinois Ph.D. adalah Menteri Indonesia tentang keuangan dan menteri koordinator urusan ekonomi. Dia dikreditkan dengan membimbing negara melalui transisi dari otokrasi ke demokrasi, namun baru-baru ini tersapu ke kasus korupsi mengenai $ 586.000.000 Bank bailout dari 2008.

 

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *