Sekilas Tentang Buah Manggis dan Khasiat ampuhnya

Sekilas Tentang Buah Manggis dan Khasiat ampuhnya – Buah manggis merupakan buah yang sudah tidak asing lagi bagi anda, terutama bagi orang Indonesia. Buah yang memiliki bentuk bundar, dengan tekstur kulit yang halus dan berwarna merah tua yang cenderung kegelap gelapan serta memiliki buah berwarna putih ini merupakan buah yang sudah terkenal. Selain karena rasa buah yang manis masih banyak khasiat dari buah ini untuk kesehatan anda. Tapi apakah anda pernah terbayang bagian mana saja dari buah ini yang dapat dimanfaatkan sebagai obat? Kulitnya, ya mungkin terdengar sedikit aneh, terutama bagi anda yang memang merasa bahwa kulit manggis merupakan bagian yang tidak dapat dimakan. Tapi menurut hasil penelitian Ir. Kasma Iswari pada tahun 2005 kandungan xanthone tertinggi pada buah terdapat pada kulit buah menggis ini.

1

Tapi, apa xanthone itu sendiri? Xanthone adalah zat kimia alami yang tergolong dalam senyawa polyphenolic, yang dimana tidak dapat ditemui pada buah lainnya. Oleh karena itu dunia medis dan farmasi menjuluki manggis sebagai queen of fruit. Bukan hanya xanthoone yang dikandung di kulit buah manggis, masih banyak kandungan zat zat yang berguna seperti catechin, pottasium, fosfor, kalsium, besi vit B1, B2, B6 serta vitamin C.

Xanthone dikenal sebagai zat antioksidan tingkat tinggi dan memiliki kandungan bahan aktif yang stabil dalam kondisi panas ataupun dingin, termasuk ketika berada didalam tubuh manusia. Kulit manggis mengandung antioksidan sebanyak 17.000 hingga 20.000 orac per 100 ons. Sedangkan , tanaman lain yamg dianggap memiliki antioksidan tinggi, seperti wortel serta jeruk, masing-masingnya hanya memiliki 300 dan 2.400 orac.

Orac sendiri merupakan singkatan dari oxygen radical absorbance capasity, yaitu kemampuan zat antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas sumber dari penyakit, seperti stroke, diabetes , gangguan jantung, serta kanker. Oleh karena itu , xanthone mampu menjadi pelindung yang dibutuhkan bagi sel-sel tubuh kita pada saat proses oksidasi, penuaan, atau perusakan sel tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas yang biasa kita temui pada polusi lingkungan. Xanthone juga berkhasiat sebagai anti bakteri, anti aging, anti parkinson, anti alzheimer, anti alergi anti infeksi, anti radang, anti lelah, dan anti inflamasi.

Pada tahun 2010 seorang dokter dari Jakarta mengujikan kapsul buah manggis kepada beberapa pasiennya yang menderita asam urat tinggi, kolesterol tinggi, dan kadar gula tinggi. Hasilnya , setelah mengonsumsi kapsul itu setiap hari dalam kurun waktu sebulan, semua kandungan penyakit pada darah mereka menurun dan menjadi normal kembali. Hal ini membuktikan bahwa kandungan xanthone pada buah ini sangat berguna bagi kesehatan manusia.

Apabila anda ingin memperoleh informasi yang lebih lengkap terkait dengan khasiat dari buah manggis ini, anda dapat memperoleh informasi dari buku buku tentang khasiat buah manggis berjudul Kulit Manggis Berkhasiat Tinggi. Buku ini dapat anda peroleh di toko buku Gramedia di seluruh Indonesia. tetapi apabila anda tertarik untuk mengkonsumsi ekstrak kulit buah manggis ini anda tidak perlu lagi untuk mencari ekstrak ini dari luar negeri. Karena di Indonesia sendiri sudah banyak diproduksi dan sudah banyak didistribusikan di apotek apotek dalam bentuk kapsul. Tetapi apabila anda ingin membuat sendiri tidak ada salahnya apabila anda membuat sendiri dengan cara mennghaluskan kulit buah manggis kemudian mengambil air sarinya untuk dikonsumsi.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *