Sekilas Tentang Kampung Terapung Di Belawan Medan

Pemandangan perkampungan masih sangat kental di Kampung Terapung Belawan atau yang disebut juga sebagai Kampung Nelayan, Belawan. Semua rumah berjajar terbuat dari kayu, kebanyakan penyangga dari rumah-rumah yang ada juga terbuat dari kayu agar bisa berdiri di tas permukaan laut dengan tingkat kedalaman 2 meter.

e 45

Aktivitas warga yang tengah membenahi kapal maupun jala, menjemur ikan hingga udang menjadi satu pemandangan yang khas dari kampung ini. Mengingat mayoritas penduduk di kampung ini berprofesi sebagai nelayan.

Anak-anak juga masih bermain dengan memanfaatkan ruang yang tersedia, layaknya bermain layang-layang maupun menceburkan diri ke laut dengan gaya lompat tinggi. Permainan yang tidak akan bisa ditemukan di kawasan perkotaan.

Kampung Terapung ini sudah berdiri sejak 1958 dengan hanya 5-10 kepala keluarga. Lebih banyak warga atau nelayan yang menetap di laut dibandingkan dengan penghuni rumah di kota, sehingga banyak yang menetap di Kampung Terapung.

Saat ini penghuninya sudah mencapai sekitar 565 kepala keluarga dan tetap bertahan dengan profesi mereka sebagai nelayan dalam menghadapi kehidupan modern ini.

Suasana yang ada di Kampung Nelayan tergolong masih sangat alami, antar tetangga terlihat saling sapa menyapa dan sudah pasti rukun, saling membantu serta peduli satu sama lain. Bahkan kriminalitas belum didapati hingga saat ini.

Angin sepoi berhembus setiap sore dengan udara segar menemani santapan ikan segar setiap hari. Suatu hal yang sulit ditemukan di kota.

Baca Artikel Lainnya :

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menjelajahi kampung yang sangat unik ini bisa mencoba datang ke dermaga penyeberangan Belawan kemudian menumpang kapal penumpang maupun kapal nelayan yang hanya membutuhkan ongkos Rp 3.000. Jarak yang harus Anda tempuh juga cukup dekat yaitu hanya 10 menit.

Dengan biaya yang sangat hemat dan perjalanan cukup singkat, tentu saja pengalaman selama berada di Kampung Nelayan atau Kampung Terapung Belawan ini terasa jauh lebih menguntungkan. Pengalaman yang tidak bisa Anda dapatkan dengan hanya berdiam diri di perkotaan yang padat, macet dan panas.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *