Sekilas Tentang VOC

VOC merupakan siingkatan dari Verenigde Oost Indische Compagnie, adalah sebuah organisasi yang diisi oleh para pedagang dari Belanda, berdiri pada tanggal 20 Maret tahun 1602 dan bertujuan untuk menguasai perdagangan di wilayah Asia Timur.

Pendirian VOC dilatarbelakangi oleh persaingan yang terjadi antar bangsa Eropa untuk memonopoli hasil alam yang ada di Asia Timur.

n 70

Sejarah kedatangan bangsa Eropa ke Asia sudah dilakukan jauh sebelum berdirinya VOC,  tepatnya pada tahun 1497, seorang pelaut sekaligus pedagang yang bernama Vasco da Gama memulai pelayaran menuju India dan melewati Tanjung pengharapan ujung selatan dari Benua Afrika, dia berniat mencari alternative lain dari jalur darat yang mempunyai resiko lebih besar, dan memudahkan persaingan dengan pedagang yang lain.

Dari Asia bagian Timur akhirnya merambat juga menuju Asia bagian Tenggara, termasuk bangsa Indonesia yang dulu disebut Nusantara, di Asia bagian Timur dan Tenggara, pihak VOC mempunyai tujuan untuk dagang, berbeda dengan pihak Belanda yang dilanjutkan dengan politik pemukiman (kolonialisasi) yang bekerja sama dengan kerajaan-kerajaan di nusantara. Itu merupakan awal dari kolonialisasi Hindia Belanda.

Kembali ke VOC, pada abad ke 16 pada saat VOC datang ke Nusantara, bertujuan untuk berdagang semata, karena pada saat itu nusantara memang paling terkenal dalam hal Rempah-rempah, sehingga pada perkembangan sejarah, bangsa ini dijajah karena kekayaan alamnya.

Akhirnya pada tahun 1596 Ekspedisi Belanda yang dipimpin oleh Cornelis de Houtmen yang mendarat di Banten diserang oleh pihak Portugis, kemudian melarikan diri kea rah Timur diserang lagi oleh penduduk lokal Madura, karena kekalahan ini akhirnya pihak belanda pulang ke Negara asal.

Baca Artikel Lainnya :

Pada tahun 1600 pemerintahan Inggris membentuk perusahaaan dagang di Asia yang diberi nama  The British East India Company, karena persaingan antar Negara di eropa yang begitu tinggi, pihak belanda akhirnya juga membentuk perusahaan dagang yang bermukim di Asia dan diberi nama  Verenigde Oost-Indische Compagnie pada pada tanggal 20 Maret 1602 .

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *