Selamatkan Bumi, Stop Global Warming!

Selamatkan Bumi, Stop Global Warming! – Tentu Kita sangat sering mendengar apa yang dinamakan tentang global warming. Sebenarnya, apa inti dari arti global warming ini? global warming ialah kejadian meningkatnya suhu rata-rata yang berada di bumi pada lapisan atmosfer serta di permukaan.

a

Para ahli mengemukakan bila suhu di bumi meningkat sangat drastis, bahkan hingga mencapai 0,6 derajat. Mungkin peningkatan tersebut terlihat sangat kecil serta tidak berarti. Padahal karena peningkatan tersebut dampak yang di timbulkan sangat lah besar. Suhu yang berada di bumi jauh lebih panas. Tentu Kita sering membandingkan, udara sejuk di jaman dahulu dengan jaman sekarang, sedikit banyak pasti Kita merasakan perbedaan.

Sebenarnya apa saja gejala-gejala global warming ini? gejala-gejalanya ialah:

  • Pergantian musim yang sulit sekali di prediksi. Bila di dulu, Kita bisa memperkirakan bulan apa akan terjadi musim kemarau, dan bulan apa akan terjadi musim hujan,
  • Seringnya terjadi kekeringan di setiap daerah, karena meningkatnya suhu yang berada di bumi, tentu saja kekeringan akan semakin parah,
  • Terumbu karang kian memutih serta suhu yang semakin memanas.

Sebenarnya faktor penyebab terjadinya global warming ini tidak lain dari aktifitas manusia yang semakin tidak terkendali menggunakan segala fasilitas yang berada di bumi. Faktor penyebab tersebut bisa seperti efek rumah kaca, meningkatnya gas yang berada di rumah kaca, tidak terkontrolnya penggunaan CFC, CFC ini banyak terdapat pada AC atau kulkas, polusi metanan seperti peternakan, perkebunan, serta pertanian, polusi kendaraan yang memiliki bahan bakar bensin, membakar sampah berlebihan. Mungkin Kita sendiri menganggap hal tersebut sederhana, padahal dampaknya seperti yang bisa Kita lihat sekarang ini.

Kurangnya pengetahuan serta kepedulian oleh masyarakat mengenai lingkungan memang salah satu faktor penyebab semakin pesatnya global warming ini. Lantas, apa saja dampak yang ditimbulkan?

  • Gunung-gunung es yang mulai mencair,
  • Meningkatnya intensitas hujan badai,
  • Angin yang bertiup sangat kencang,
  • Menaiknya permukaan laut, hal ini akan menyebabkan banyak pulau-pulau yang tenggelam serta banjir,
  • Kekeringan yang terjadi di wilayah pertanian, akan menyebabkan para petani gagal panen,
  • Meluasnya berbagai macam wabah penyakit,
  • Meningkatnya kasus dehidrasi yang bisa menimbulkan kematian,
  • Populasi hewan-hewan yang akan terus menurun namun meningkatnya populasi hama yang akan menyerang tanaman.

Mungkin dengan pengetahuan mengenai dampak serta penyebab, akan lebih terdorong minat masyarakat untuk menjaga lingkungan yang Kita miliki, sebelum terlambat lebih baik mulai memperbaiki mulai dari sekarang, seperti jangan menggunakan sumber daya secara berlebihan, lebih bijaksana dalam memproduksi segala hal yang berkaitan dengan umur bumi, mulai menggalakkan penanaman pohon kembali, serta menjaga pepohonan agar tidak di babat habis.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Selamatkan Bumi, Stop Global Warming!

  1. Pingback: Kiat Menjaga Lingkungan Hidup untuk Seterusnya | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Demam Akik, Bagus untuk Ekonomi Namun Buruk Bagi Lingkungan | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *