Seni Merangkai Bunga Ikebana Ala Wanita Jepang

Jika berbicara tentang budaya dan seni, di Jepang anda patut memberi acungan jempol. Begitu tingginya penghargaan masyarakat dari luar negeri dan dalam negeri terhadap seni dan budaya Jepang, menyebabkan bidang ini memiliki citarasa seni yang dari tahun ke tahun semakin berkembang seiring dengan kemajuan jaman.

n 44

Salah satu budaya Jepang yang paling populer di mancanegara adalah seni merangkai bunga yang disebut dengan istilah Ikebana. Ikebana merupakan nama atau istilah untuk melukiskan sebuah kado istimewa buat seseorang (di dalamnya termasuk seni merangkai bunga).

Pada umumnya, bunga – bunga yang dirangkai adalah memakai teknik merangkai bunga ala orang barat (flower arrangement), terlihat dari jenis bunga yang dipilih atau bentuk rangkaian bunga yang mungil adalah sama indahnya dipandang dari berbagai sudut pandang dan tidak harus dilihat dari bagian depan saja, harus diputar mengenai segala arah.

Namun demikian, berbeda dengan seni merangkai bunga dari Barat yang lebih bersifat dekoratif, Ikebana menciptakan harmoni dalam bentuk linier, ritme, dan warna.

Bentuk – bentuk dalam Ikebana didasarkan pada tiga titik utama yang mewakili langit, bumi, dan manusia. Ada beberapa gaya dalam Ikebana yang paling populer di Indonesia, yaitu :

1. Jiyuka Style

Jiyuka style adalah rangkaian Ikebana yang memiliki sifat bebas, dimana rangkaiannya dibuat berdasarkan kreativitas serta imajinasi yang tinggi dari si pencipta. Gaya ini mengalami perkembangan yang cukup pesat setelah perang dunia ke – 2.

Dalam rangkaian ini anda bisa mempergunakan kawat, logam dan batu – batu sungai yang eksotik secara menonjol.

2. Ikenobo Style

Ikenobo style merupakan rangkaian bunga Ikebana ala wanita Jepang yang erat kaitannya dengan aliran merangkai bunga kuno dan memiliki umur paling tua di dunia, dimana hal ini diperkuat oleh beberapa pendapat ahli merangkai bunga mancanegara mengatakan bahwa Ikenobo adalah asal mula Ikebana.

Pada awal sejarahnya rangkaian – rangkaian bunga ini diciptakan, rangkaian bunga dikenal dengan nama tatebana, artinya bunga yang berdiri sehingga proses pembuatan rangkaian ini adalah memakai jenis bunga yang berdiri tegak.

3. Ohara Style

Aliran ini didirikan oleh Unshin Ohara, seorang perangkai bunga internasional dari Jepang. Ohara mengenal empat pilar dalam merangkai bunga ala ikebana serta memakai media vas berair yang mewadahi bunga – bunga cantik tersebut, yaitu hana – isho, moribana, heika, serta hanamai.

4. Koryu Style

Ikebana jenis yang satu ini termasuk ke dalam aliran kuno dan tertua setelah ikenobo. Keistimewaannya adalah ikebana jenis ini mudah dirangkai dengan memakai dan memadukan tanaman bunga hias dan bunga liar dalam jumlah yang banyak.

5. Misho – Ryu Style

Pencetus berdirinya Ikebana Misho – Ryu adalah Ippo Mishohai pada tahun 1807. Rangkaian bunga ini adalah paling populer di luar negeri dan dikenal dengan istilah kakubana kuno yang tradisional.

6. Sogetsu Style

Prinsip dari Sogetsu Style ini mengikuti hidup gaya kontemporer para bangsawan Jepang. Daya tarik kehidupan mereka yang beragam bisa dilihat dari koleksi tanaman hias serta tanaman bunga yang berwarna – warni menghiasi taman depan rumah – rumah mereka merupakan alat untuk meraih sukses kehidupan yang sekaligus bermanfaat sebagai cara melestarikan kebebasan berekspresi.

Baca Artikel Lainnya :

Masih banyak lagi jenis Ikebana yang lainnya jika anda ingin mengetahuinya secara mendetail. Apakah setelah membaca artikel ini anda merasa tertarik dengan kesenian dari Jepang tersebut ?

Kalian bisa mempelajari cara membuat rangkaian bunga Ikebana melalui kursus seni merangkai bunga Ikebana di kota tempat anda tinggal. Semoga berhasil dan selamat berkarya !

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *