Seniman Indonesia Guruh Sukarno Putra

guruhSeniman Indonesia Guruh Sukarno Putra – Muhammad Guruh Irianto Sukarnoputra (nama sukarnoputra di penamaan Indonesia adalah nama yang sama dengan ayah tetapi bukan nama keluarga) lahir pada tanggal 13 January 1953.

Guruh Seokarno Putra sangat menyukai seni/artis tetapi Guruh Seokarno Putra juga pernah menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat. Guruh Seokarno Putra adalah anak terakhir dari pernikahan presiden Sukarno dan istri ketiganya Fatmawati dan merupakan adik kandung dari satu-satunya wanita yang menjadi mantan presiden Indonesia Megawati Sukarno Putri.

Guruh Seokarno Putra mengecam pendidikan sekolah dasar dan sekolah menengah atas di Jakarta. Kemudian Guruh Seokarno Putra melanjutkan pendidikanya di fakultas Arkeologi di University of Amsterdam, Belanda dan lulus pada tahun 1976.

Tidak seperti kakaknya Megawati Sukarno Putra yang memilih jalan karir di dunia politik, Guruh Seokarno Putra pada awal karirnya memilih bidang seni untuk mengembangkan karirnya. Guruh Seokarno Putra Telah banyak membaut ratusan koreografi dan menulis beberapa lagu Indonesia yang terkenal. Pada tahun 1991, Guruh Seokarno Putra mendapatkan penghargaan Chevalier de L-Ordre des Aarts et des Lettres dari pemerintah Prancis.

Darah ayahnya yang seorang proklamator memang mengalir dalam diri Guruh Seokarno Putra, pada tahun 1992 akhirnya Guruh Soekarno Putra masuk dunia politik dan menjadi anggota dewan permusyawaratan rakyat yang mewakili partai yang dinaungi juga oleh kakak kandungnya Partai Demokrasi Indonesia (PDI).

Ketika Partai Demokrasi Indonesia terpisah dan diikuti kongres partai di Medan, Guruh Soekarno Putra bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang memisahkan diri dari Partai Demokrasi Indonesia. Kemudian pada pemilihan umum tahun 1999, Guruh Soekarno Putra terpilih kembali di bawah partai yang baru sebagai anggota dewan legislative dan pada tahun 2004 juga kembali terpilih menjadi anggota dewan perwakilan rakyat.

Pada tahun 1997, Guruh Soekarno Putra sempat mengeluarkan album berjudul Guruh Gipsy yang berkolaborasi dengan Chrisye. Guruh Soekarno Putra melanjutkan penerapan karya seninya dengan memproduksi pertunjukkan artistic seperti upacara pembukaan Indonesian National Games pada tahun 2000 di Surabaya, Jawa Timur.

Guruh Soekarno Putra telah menikah dengan seorang wanita cantik yang lahir di Uzbekistani, Azeri, yang bernama Guseynova Sabina Padmavati (Guseynova Sabina Eldar – kizi) yang berumur jauh lebih muda dari Guruh Soekarno Putra. Pernikahan ini berlangsung pada tanggal 20 September 2002 di Tashkent, Uzbekistan dan kemudian pada tanggal 19-20 Oktober 2002 kembali melakukan acara pernikahannya di Sriwidjaya Raya, Jakarta, Indonesia.

Bertepatan dengan Peringatan Hari Musik Nasional pada anggal 23 Maret 2011, Guruh Soekarno Putra mendapatkan Penghargaan deangan title Nugraha Bhakti Musik Indonesia (NBMI) yang diberikan oleh Persatuan Artis, Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI).

Baca juga : Seniman Musik Indonesia A. Riyanto

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *