Seniman Musik Indonesia A. Riyanto

ariyantoSeniman Musik Indonesia A. Riyanto – Aloysius Riyanto merupakan nama dari A. Riyanto yang lahir di Surakarta (solo) pada tanggal 23 November 1943 yang meninggal di Jakarta pada tanggal 17 Juni 1994 ketika Seniman music ini berumur 50 tahun.

A. Riyanto merupakan seorang komposer music serta seorang penyanyi di industry music Indonesia. Di dalam dunia musik komersil di indonesia, Beliau lebih terkenal dengan nama A. Riyanto. A. Riyanto sangat banyak menuliskan hits yang terkenal untuk kelompok bandnya Favorite group. Selain itu, A. Riyanto banyak membuatkan lagu-lagu yang nge-hits untuk penyanyi-penyanyi lain, seperti Tetty Kadi, Rafika Duri, Grace Simon, serta Dian Mayasari.

A.Riyanto merupakan anak ke empat dari Sembilan bersaudara dari padangan R.G.J. Daljono Hadisudibyo atau R. Geraldus Daljono Hadisudibyo biasa disingkat R. Daldjono yang merupakan pengajar di Sekolah Guru Agama. Pak Dal panggilan akrab ayahnya ini lahir tanggal 21 Janiari 1932 di Solo.

Selain menjadi pengajar di SGA, Pak Dal juga menjadi pengajar di Sekolah Akademi Musik khususnya dalam bidang teori music. Darah seni ayahnya memang sangatlah kental. Sang ayah Pak Dal juga sempat memimpin sebuah Orkes RRI saat itu di Solo. Sang ayah juga membuat lagu-lagu seperti Bintang Kecil, Hymne Kowilhan II dan Mars PON. Ayah dari A. Riyanto merupakan pencipta lagu untuk anak anak sebelum masanya AT Mahmud.

Sejak masih kecil A. Riyanto yang biasa disebut kelik oleh keluarga dan teman-temannya saat itu mulai mempelajari piano klasik. Namun demikian, A. Riyanto tidakpernah belajar di sekolah music.

A. Riyanto mengecam pendidikan dasar pada SD Van Lith pada tahun 1951 di Jakarta seta SD Pangudi Luhur di Yogyakarta pada tahun 1955. Kemudian melanjutkan ke sekolah menengah pertama di Yogyakarta SMP Pangudi di tahun 1958 dan pada tahun 1961 di SMA Kolese de Britto. Ketika berada di SMA, A.Riyanto ikut ke dalam kelompok music Homen.

Setelah A. Riyanto lulus dari Sekolah menengah atas, A. Riyanto berhijrah ke Bandung untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Parahiyangan jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik namun, A. Riyanto tidak mampu menamatkan dari Universitas Parahyangan ini dan hanya sampai pada tinggak tiga (1961-1963).

Hal ini dikarenakan semangatnya di music banyak menyita waktu dan juga perhatiannya. A. Riyanto membuat grup music baru dengan nama Remitta Band kemudian nama tersebut diganti jadi Tourista Nada. Di dalam kelompok music ini, A. Riyanto memainkan gitar namun hanya mampu bertahan selama 3 tahun. Kemampuannya di music mulai dkeanl banyak orang ketika lagu yang dikomposenya Teringat Selalu mulai terkenal akibat dinyanyikan oleh Tetty Kadi.

Favorite Group merupakan kelompok music pop di Indonesia yang cukup popular saat itu. A. Riyanto merupakan pemain alat music, composer, pencipta lagu dan juga pengatur music di kelompok music ini. bersama dengan Mus Mulyadi yang menjadi vokalisnya membuat grup ini sangat terkenal saat itu.

Tidak hanya itu, A. Riyanto banyak bekerja sama dengan penyanyi-penyanyi lainnya salah satunya Jamal Mirdad, Titiek Sandora, Hetty Koesendang, Emilia kontesa dan lain-lain. Yang paling fenomenal adalah ketika tahun 1980an A. Riyanto membuat dan menyusun music dan lagu untuk sebuah tema iklan mie instan yang sampai saat ini masih saja digunakan dalam iklannya yaitu Indomie dari Indofood. Indomie Seleraku merupakan judul dari karyanya itu yang bahkan 2007-2009 liriknya ditulis di kemasan mie instan tersebut.

Baca juga : Biografi seorang pencipta lagu Indonesia raya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *