Serunya Eksplorasi di Candi Prambanan

Candi Prambanan atau yang biasa dikenal dengan Candi Roro Jonggrang adalah candi yang cukup terkenal setelah Candi Borobudur. Candi ini dibuat untuk menyembah Dewa Siwa dalam ajaran agama Hindu. Jadi agama Buddha yang berada di Candi Borobudur dan Candi Prambanan mengajarkan Hindu bisa terbilang cukup akrab pada saat dulu.

fu 2

Candi Prambanan memiliki bangunan ber-arsitektur yang luar biasa. Dapat anda bayangkan pada jaman itu belum ada teknologi yang cukup canggih untuk mendirikan suatu bangunan luas dan besar. Candi Dewa Siwa yang berada ditengah diapit oleh Candi Brahma dan Candi Wisnu. Ketiganya dikenal sebagai Candi Trimurti.

Candi Prambanan dijadikan kompleks untuk candi Hindu di Indonesia. Dan uniknya letaknya berada di Jawa. Pertama kali ditemukan oleh seorang warga Belanda pada tahun 1773. Karena cukup lamanya yang ada sejak jaman amat dahulu, tempat ini mulai banyak di perbaiki dan dibangun ulang pada bagian yang sudah rusak untuk tetap melestarikan bagian yang mulai hilang dan rapuh.

Ketika anda berkunjung, banyak sekali hal-hal yang dapat anda lakukan. Salah satunya adalah mengelilingi candi Prambanan dan melihat relief yang bercerita. Anda bisa menggunakan jasa pemandu agar anda mengerti relief tersebut menceritakan apa. Ukiran-ukirannya sungguh unik tanpa campur tangan teknologi dan anda coba perhatikan di setiap langkah anda.

Untuk anda yang menggeluti dunia fotografi, anda juga bisa mengambil banyak foto. Nah, anda boleh datang pada malam hari karena momen terbaik untuk berfoto dikelilingi oleh gemerlap lampu kelap-kelip. Tentu anda juga tidak melupakan buah tangan, bukan? Anda bisa menemukan beberapa penjual souvenir seperti gelang, kalung, baju kaos bergambar Candi Prambanan, dan juga miniatur kecil dari Candi Prambanan.

Bila anda yang suka dengan seni tradisional, datanglah pada pukul delapan sampai sepuluh di malam purnama. Karena akan ada diadakan acara sendratari Ramayana di panggung depan outdoor yang terbuka dengan latar belakang ketiga candi tersebut yang sudah menjadi acara tradisi setiap bulannya. Bila musim hujan, tempatnya otomatis di indoor.

Nah untuk datang kesini. Jangan perlu takut datang terlalu pagi atau terlalu siang karena mulai pukul 6 pagi sudah dibuka dan tutup pada pukul 5 sore. Juga disarankan untuk anda yang datang berkunjung, jangan memakai baju yang terlalu terbuka, mengingat tempat ini cukup suci untuk yang beragama Hindu. Bila anda sudah terlanjur, anda akan dipinjami selendang guna untuk menutup bagian yang terbuka.

Menyenangkan bukan bila jalan-jalan sambil mengeksplorasi juga kita bisa mengetahui cerita di dalamnya. Pemandangan candi yang jarang ditemui kota-kota besar seperti Jakarta membuat anda bernostalgia. Jangan lupa untuk datang berkunjung ke Candi Prambanan apabila mampir ke Jawa Tengah ya!

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *